Kapolri dan Panglima TNI Apel Gelar Pasukan di Bogor

TNI Polri Siap Amankan Pemilu 2019

bogorOnline.com

Empat Ribu personil TNI, Polri dan komponen Bangsa lainnya mengikuti apel, gelar pasukan kesiapan Pengamanan Pemilu Pilpres dan Pileg tahun 2019 bertempat di Bogor Nirwana Residence ( BNR ) Kecamatan Bogor Selatan, Rabu (10/4/19).

Hadir pada kegiatan tersebut Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., bersama Kapolri Jenderal Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D. dan para pejabat utama Kodam III/Siliwangi dan para pejabat utama Polda Jabar serta tamu undangan lainnya.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono dan Kapolda Jabar Irjen Pol Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si. Selaku Irup memeriksa langsung kesiapan personel maupun materiil Yang digelar untuk Pengamanan Pemilu Presiden dan Legislatif Tahun 2019 di Bogor Nirwana Residence ( BNR ), dengan pasukan yang berjumalah 4000 personil.

Dalam Apel Gabungan tersebut, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono dan Kapolda Jabar Irjen Pol Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si. melakukan pengecekan pasukan dan berdialog langsung dengan Pasukan yang telah siaga di lapangan apel.

“Dalam beberapa hari lagi tanggal 17 nanti kita akan melaksankan pencoblosan, untuk itu agar Pahami, Pedomani dan tegaskan Netralitas TNI dan Polri, laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab untuk mengamankan dan mensukseskan Pesta Demokrasi 2019, ini merupakan pertaruhan nama kita sebagai TNI – Polri dalam pengamanan Pilpres ini.” Tegas Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono dihadapan 4000 Personel TNI-Polri yang merupakan perwakilan dari berbagai satuan di wilayah Jawa Barat.

Tak hanya Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono. Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si memberikan Sambutan, saya sangat yakin dan percaya bahwa masyarakat Jawa Barat adalah masyarakat Agamis, Religius, dan Santun. Selanjutnya sebagaimana makna dari pada gelar pasukan selain mengecek kesiapan personil juga mengecek kesiapan sarana dan prasarana yang akan digunakan dalam pengamanan.

Oleh karena itu saya sangat baik menyambut acara ini karena merupakan cek kesiapan kita dalam menjalankan tugas-tugas Negara. Pahami bahwa tugas pengamanan Pemilu serentak 2019 adalah kehormatan dan kebanggaan yang tidak dapat dinilai dengan apapun sekaligus menjadi amal ibadah, jalin sinergitas antara unsur Pemerintah, TNI, Polri dan seluruh komponen masyarakat untuk mewujudkan keamanan dan kelancaran kegiatan.

“Babinsa dan Babinkamtibmas menghidupkan lagi peran pos Kamling dilingkungan warga, saya minta dan saya harapkan seluruh komandan satuan wilayah para Kapolres melakukan ini sampai dengan proses Penghitugan selesai, Segera kenali, cari, temukan dan atasi serta netralisir potensi kerawanan agar tidak berkembang dan mengganggu penyelenggaraan Pemilu Serentak. Kami TNI-Polri dan segenap kpmponen bangsa siap mengamankan Masyarakat sampai ke TPS hingga pesta demokrasi selesai,” Tegas Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si.

Sebelum digelarnya Apel Gabungan ini telah dilaksanakan pula berbagai kegiatan pembekalan dan pelatihan, diantaranya Latihan parsial di tiap-tiap satuan, Latihan simulasi Pam Pemilu gabungan TNI-Polri, Latihan Tri Patra, dan Latihan TFG Pam Pemilu 2019.

Dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut diharapkan akan semakin meningkatkan kesiapsiagaan dan kepercayaan diri para unsur pengamanan dalam mengamankan serta mensukseskan Pesta Demokrasi yang akan datang. (Nai/*)

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *