Targetkan 80 Persen Partisipasi Pemilih, Camat dan PPK Tenjo akan Lakukan ‘Wawar’

TENJO – bogorOnline.com

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Tenjo Kabupaten Bogor, menggelar bimbingan teknis (Bimtek) untuk para saksi partai politik se-Kecamatan Tenjo. Menurut Ketua Panwaslu Kecamatan Tenjo Adhari, kegiatan bimtek ini bertujuan untuk memaksimalkan penyelenggaraan pemilu 2019 agar tidak ada ekses.

“Sayangnya para saksi dari partai politik tidak bisa hadir semua. Namun kami bersama aparatur pemerintah kecamatan akan berusaha dan bekerja semaksimal mungkin, agar pemilu berjalan aman dan tidak ada ekses,” tutur Adhari kepada sejumlah wartawan, usai menggelar bimtek saksi peserta pemilu 2019 di Aula kantor Kecamatan Tenjo, Selasa (8/3/19).

Dia menjelaskan, hanya PPP dan Partai Demokrat, yang mengirimkan saksi sesuai jumlah TPS yang ada.

“Artinya, kedua partai itu full memiliki saksi di 203 TPS yang tersebar di desa se Kecamatan Tenjo,” paparnya.

Adhari menambahkan, PKB hanya mengirimkan 11 orang saksi sedangkan partai-partai lain tidak mendaftarkan saksinya ke panwaslu.

“Padahal partai – partai itu potensial untuk memberikan sosialisasi dan mengajak masyarakat agar datang ke TPS,” katanya.

Panwaslu Kecamatan Tenjo sendiri, menargetkan angka 80 persen partisipasi pemilih dalam pelaksanaan pemilu 2019 ini. Sementara jumlah hak pilih yang ada di DPT hampir mencapai 50 ribu orang.

“Kami ingin partisipasi masyarakat bisa mencapai 80 persen di Kecamatan Tenjo. Kami optimis hal itu bisa dicapai dengan adanya kerjasama semua penyelenggara pemilu dan Pemerintah Kecamat Tenjo yang selalu memberikan respon baik,” Imbuhnya.

Sementara Camat Tenjo Asnan mengatakan, pihaknya hanya memfasilitasi pihak penyelenggara pemilu 2019 baikannya, memfasiltasi kebutuhan yang dibutuhkan.

“Kami hanya memberikan fasilitas kepada PPK, terutama berkaitan dengan penyimpanan kotak surat suara dan lainnya. Agar proses kerja mereka supaya nyaman dan aman,” tuturnya.

Asnan menambahkan, guna meningkatkan partisipasi masyarakat untuk datang ke TPS, Pemerintah Kecamatan Tenjo akan membantu PPK untuk melakukan mobilisasi para pemilih datang ke TPS.

“Nanti dari satu hari sebelum hari pemilihan kita akan mengadakan wawar. Teknis wawar itu adalah keliling mengajak masyarakat supaya datang ke TPS. Dengan hal tersebut jumlah golput diharapkan bisa diminimalisir,” pungkasnya. (Mul)