by

Sarasehan Budayawan Pencak Silat Kabupaten Bogor Dibanjiri Peserta

BOGOR – Seksi Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor menyelenggarakan Sarasehan Budayawan Pencak Silat Kabupaten Bogor. Kegiatan diselenggarakan di Hotel Bahtera tanggal 17-18 Juli 2019.
Pencak silat merupakan salah satu budaya lokal yang berkembang di Kabupaten Bogor. Kabupaten Bogor memiliki beragam aliran pencak silat yang telah berkembang dengan baik atau masih memerlukan upaya pengembangan.

Menurut Kasi Kebudayaan, Elly Karim, pencak silat merupakan kebudayaan lokal yang potensial dalam melestarikan budaya karuhun sekaligus potensial dalam mendorong pemberdayaan masyarakat. Bentuk-bentuk pengembangan budaya lokal dalam mendukung visi misi bupati terutama pembangunan pariwisata yang berkeadaban perlu dipikirkan dalam sarasehan ini.
Pengenalan dan pelestarian nilai-nilai luhur yang terdapat dalam pencak silat lokal perlu lebih dipahami dan dikenal masyarakat agar dapat mendorong pariwisata yang berkelanjutan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kini dilakukan untuk lebih mengembangkan potensi pencak silat aliran Cimande dan potensi pencak silat lainnya di Kabupaten Bogor. Melalui kegiatan ini diharapkan potensi Pencak Silat aliran Cimande dan potensi pencak silat lainnya dapat dikenal lebih luas serta lestari terutama di kalangan generasi muda dan usia dini. Upaya pelestarian Pencak Silat aliran Cimande dan potensi pencak silat lainnya juga diharapkan dapat mendukung citra Kabupaten Bogor sebagai salah satu tujuan wisata utama di Jawa Barat. Sebagai dampak lanjutan, diharapkan kegiatan ini dapat mendukung visi Pemerintah Kabupaten Bogor untuk menjadikan Kabupaten Bogor sebagai Kabupaten Termaju, Nyaman dan Keberadaban di Indonesia.

Sejumlah 53 perkumpulan pencak silat, lingkung seni dan organisasi pencak silat yang ada di Kabupaten Bogor menghadiri sarasehan tersebut. Lebih dari 100 orang hadir dan menyumbangkan pemikiran untuk pengembangan pencak silat sebagai budaya Kabupaten Bogor yang kaya akan kearifan lokal.
Kegiatan ini diorganisir oleh PT. Calanthe Dinata Aninya. Bersama dengan MaCDA management PT. Calanthe Dinata Aninya sebelumnya telah berhasil mengorganisir Festival Silat Cimande 2019.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed