Dandim 0621 Resmikan Rumah Layak Huni

PARUNGPANJANG – bogorOnline.com

Dalam peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74, Komandan Distrik Militer (Kodim) 0621 Kabupaten Bogor, Letkol Inf Harry Eko Sutrisno resmikan bantuan rumah layak huni di Kp. Tonjong RT 05/01 Desa Lumpang Kecamatan Parungpanjang Kabupaten Bogor, Jum’at (16/8/19).

Rumah milik pasangan suami istri Sariman (73) dan Janah (70) direhab dengan dana swadaya para Danramil serta, dari bantua rekanan CSR Bank BRI, BJB, Supra serta BWS dan juga dibangun tenaga dari anggota TNI AD Kodim 0621 dibantu masyarakat setempat.

Letkol Inf Harry Eko Sutrisno mengatakan kegiatan ini bukan program, ini murni swadaya dari para Danramil dan bantuan rekanan dari beberapah Bank. Kita punya inisiatif dalam rangka menyambut hari kemerdekaan RI, adalah sumbangsih dari TNI ini namun ada bentuk kecil yang bisa diberikan kepada masyarakat.

“TNI anak kandung dari rakyat tidak mungkin bertempur menghadapi ancaman apabila tidak memiliki ketahan masyarakat yang kuat satu harus dipupuk sejak awal, jadi ketika kita menghadapi ancaman tidak bisa secara langsung tiba-tiba meminta peran serta masyarakat,” ujar Dandim.

“Kalau seperti ini adalah suatu upaya menciptakan ketika kondisi kesulitan masyarakat tidak akan tinggal diam karna tentara dan rakyat lah yang mendukung kita berjuang bersama-sama menjaga keamanan wilayah dalam lingkup luas TNI POLRI dalam menjaga keamanan Nasional,” tambahnya.

Harry menjelaskan dalam menjalankan pembangunan ini adalah dari Anggota TNI secara bergantian dibantu masyarakat dengan bergotong royong.

“Jadi kita jangan sampe nilai-nilai budaya bangsa kita yang hilang. Dengan bergotong royong ini adalah tujuannya meningkatkan gotong royong dimasyarakat, dan nggota TNI ada 19 orang, secara bergantian, dari Koramil Parungpanjang,” imbuhnya.

Lebih lanjut Harri juga mengatakan, yang hari ini kita laksanakan ada dua titik yaitu, di wilayah Kecamatan Rumpin dan Parungpanjang.

“Sebetulnya banyak yang memberi masukan agar bisa dibantu, mungkin kita akan laksanakan secara bertahap. Kedepan kita akan rangsa dengan pemerintah Kabupaten Bogor, yang jelas ada anggaran sehingga kita bisa maksimal dengan bedah rumah ini,” tandasnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut Sekcam Parungpanjang Icang Aliyudin, pihaknya mengucapkan banyak terimakasih kepada Pak Dandim 0621, yang telah membantu warga kami dengan memperbaiki rumahnya menjadi layak huni.

Icang mengatakan, saya terimakasih banyak kepada Bpak Dandim yang sudah menyalurkan bantuan pembangunan rumah layak huni untuk warga di Desa Lumpang Kecamatan Parungpanjang ini.

“Dengan adanya bantuan tersebut rumah tidak layak huni bisa menjadi berkurang. Mudah-mudahan kedepan bisa melaksanakan kembali,” pungkas Icang. (Mul)