Kades Rudijaya : Jabatan Adalah Amanah, Untuk Melayani Masyarakat

 

RUMPIN – Rudi Jaya tak pernah membayangkan dirinya terpilih menjadi Kepala Desa (Kades) Kertajaya Kecamatan Rumpin. Lelaki kelahiran 1986 tersebut, terpilih menjadi orang nomor satu di Desa Kertajaya setelah dipilih masyarakat pada 2014. Rudi Jaya kini menjadi kades termuda di Kecamatan Rumpin. Namun Rudi mengaku jabatan kepala desa ini adalah sebuah amanah.

Diusia yang masih tergolong muda ketika ia memutuskan untuk maju dalam pencalonan kepala desa, sekitar dua puluh tujuh tahun waktu itu, saingannya pun tidak bisa dianggap remeh, usianya jauh lebih tua dan lebih berpengalaman dari dirinya.

Namun pada akhirnya dengan semangat dan perjuangan yang luar biasa serta mendapatkan restu dari kedua orang tua yang memiliki tekad mengabdikan diri ke masyarakat agar dapat meningkatkan disegala bidang yang bisa dilakukan oleh kepala desa, Rudi Jaya berhasil mengambil hati masyarakat di Desanya. Memenangkan Pilkades dengan selisih suara yang sangat memuaskan dari kedua lawannya. Dia mengaku hanya memaksimalkan peran keluarga besarnya yang ada di desa, dan adanya dorongan dari masyarakat serta, membentuk tim pemenangan yang solid.

Selain itu Rudi mengatakan pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu program pemerintah desa dalam memanfaatkan semua sumber daya yang ada agar dapat berkembang serta dapat membantu proses kemajuan desa.

“Sasaran dalam program pemberdayaan masyarakat ini mencakup semua bidang, mulai dari pemerintahan, kelembagaan, infrastruktur jalan, kesehatan, ekonomi masyarakat, dan pendidikan, “paparnya.

Masih Rudi, pembangunan dan pemeliharaan fasilitas jalan, dilaksanakan dengan kegiatan pembangunan pengerasan jalan baru, pavingisasi atau betonisasi jalan gang masing-masing dusun, pemeliharaan jalan dalam masing-masing dusun dan antar dusun.

“Saya juga kedepan akan lebih meningkatkan pelayanan publik di pemerintah Desa Kertajaya, disegala bidang yang akan terus ditingkatkan, dan saya berharap masyarakat juga ikut serta dalam mewujudkan desa yang berakhlakul karimah,  desa mandiri, desa berkembang dan desa termaju,” pungkasnya (Mul)