Meriahnya Festival Pabaru Sunda Caka Sunda 1956

Kota Bogor – bogorOnline.com

Festival Pabaru Sunda Caka Sunda 1956 digelar di Lippo Plaza Keboen Raya Bogor pada Sabtu 10 Agustus 2019. Acara ini merupakan rangkaian dari Festival Merah Putih (FMP) 2019.

Ketua Panitia, Gatut Susanta mengatakan, bahwa tujuan utama dari festival ini adalah sebagai ajang silaturahmi para pegiat seni dan budaya daerah. Festival ini juga digelar untuk memeriahkan pergantian tahun dimana dalam penanggalan Sunda sekarang ini memasuki tahun 1956.

“Tahun ini, Caka Sunda 1956. Jadi sekarang ini tahun 1956 dan tanggal 1 jatuhnya kemarin. Karena kemarin hari Jumat maka festival Pabaru Sunda digelar hari ini Sabtu,” kata Gatut di sela acara.

Gatut melanjutkan, bahwa orang Sunda itu memiliki tahun baru Sunda namun selama ini belum dirayakan semeriah perayaan tahun baru lainnya. Untuk itu, pihaknya akan memulai dengan digelarnya festival ini.

“Banyak orang yang merayakan tahun barunya, ada Cap Go Meh, 1 Muharram dan 1 Masehi. Selama ini orang Sunda yang punya tahun baru belum semeriah yang lain. Kita mulai dari yang sedikit ini,” jelasnya.

Sejumlah pegiat seni dan budaya daerah dari berbagai komunitas baik dari Kota Bogor maupun luar Kota Bogor tampak antusias datang ke acara tersebut. Hadir pula para sesepuh Sunda dan perwakilan dari Pemerintah Kota Bogor.

Festival ini juga dimeriahkan dengan berbagai penampilan kesenian dan alat musik tradisional tatar Sunda, di antaranya tari Jaipong, tari Karinding, Pencak Silat, kecapi suling dan lainnnya. Selain itu, acara ini diramaikan sejumlah stand penjualan pakaian dan atribut khas Sunda.

Gatut berharap selain acara ini sebagai ajang silaturahmi, juga memperkuat sinergi di antara penggerak seni dan budaya daerah. “Dan kita sebagai penggerak seni budaya daerah harus selalu bersinergi, karena kalau tidak bisa semakin habis,” tandasnya. (HRS)