PDPPJ Gandeng Dinkes Jalankan Program Kesehatan di Pasar Rakyat

Kota Bogor  –  bogorOnline.com

Dalam rangka pelaksanaan program – program kesehatan diberbagai tatanan salah satunya adalah di pasar – pasar rakyat yang ada di kota bogor, maka Perusahaan Daerah Pasar Pakuan Jaya (PDPPJ) Kota Bogor bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor melaksanakan sosialisasi ke perwakilan karyawan PDPPJ dan pedagang yang ada di pasar rakyat yang dikelola oleh PDPPJ (15/8/19).

Kegiatan penguatan dan pembinaan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) serta Gerakan Masyarakat (Germas) sehat dan program kesehatan lainnya di selenggarakan di Aula besar gedung Dinkes Kota Bogor Jl. Kesehatan nomor 3 Bogor tersebut di hadiri sebanyak 100 peserta dan dibuka oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bogor, Ganjar. Dirinya mengatakan bahwa tugas dan tanggung jawab mengubah image pasar rakyat yang kumuh dan kotor menjadi pasar rakyat yang nyaman, bersih, serta higienis adalah tanggung jawab bersama.

Hadir pula Direktur Operasional PDPPJ, Denny Ari Wibowo pada kesempatan ini, menurutnya menerapkan PHBS di pasar rakyat harus selalu dilakukan dan perlu ditingkatkan, karena kebersihan pasar adalah hal utama agar pasar terbebas dari kuman maupun virus yang tidak diinginkan.

Iwan Arief Budiman, Kepala Unit Pasar Gunung Batu yang juga menjadi narasumber pada kegiatan tersebut menyampaikan tujuan dari adanya PHBS terhadap pasar agar pasar rakyat harus bertahan dan dipertahankan karena itu perbaikan pengelolaan dan perawatan perlu terus diupayakan agar masyarakat luas memilih dan terus berbelanja di pasar rakyat.

“Pasar merupakan salah satu tempat yang paling banyak kontak fisik yang rawan/rentan dengan penyebaran kuman dan bakteri mutlak perlu dilakukan upaya-upaya higienis,” kata Iwan.

Sebagai informasi Pasar Gunung Batu menjadi salah satu pasar yang dikirimkan oleh PDPPJ mengikuti lomba festival Pasar (Pasar Sehat) Propinsi Jawa Barat. Iwan menuturkan upaya mengikuti lomba / festival pasar bukanlah hanya semata soal kemenangan, terpilih atau ranking akan tetapi yang lebih penting adalah peningkatan mutu pelayanan dan kepercayaan masyarakat umum kepada pasar-pasar rakyat meningkat kembali,” tutupnya. (Nai/*)