Pembentukan Perumda Pasar Pakuan Jaya Tahun Depan

Kota Bogor – bogorOnline.com

Pembentukan Perusahan Daerah Pasar Pakuan Jaya (PD PPJ) menjadi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pasar Pakuan Jaya rupanya baru dapat dilaksanakan tahun depan. Sebab, perubahan badan usaha ini menunggu disahkannya Perda tentang Pendirian Pokok Pokok BUMD.

“Raperda (Perumda) menunggu Raperda Pendirian Pokok Pokok BUMD sebagai Perda induk. Karena belum di Paripurna maka Raperda Perumda Pasar Pakuan Jaya ditarik kembali oleh pengusul (PDPPJ),” kata Ketua Pansus H. Mulyadi seusai rapat bersama Direksi dan Badan Pengawas PDPPJ Kota Bogor, Senin 5 Agustus 2019.

Politisi Partai Demokrat itu memastikan bahwa Raperda tentang Pendirian Pokok Pokok BUMD sebagai landasan hukum pembentukan Perumda rampung dapat disahkan tahun ini.

“Jadi intinya dewan hanya tinggal menunggu pengesahan dari Perda Pendirian Pokok Pokok BUMD,” ujar H. Mulyadi. Ia mengatakan, bahwa Raperda Perumda Pasar Pakuan Jaya yang diusulkan pada 2018 itu dimungkinkan dibahas kembali pada 2020 mendatang.

Sementara itu, Direktur Operasional PDPPJ, Denny Ari Wibowo mengemukakan pihaknya baru dapat melaksanakan rencana perubahan ke Perumda Pasar Pakuan Jaya di tahun depan. Selain terdapat beberapa revisi dalam Raperda dimaksud, juga menunggu disahkannya Perda tentang Pendirian Pokok Pokok BUMD.

“Ada beberapa yang perlu perubahan dan Raperda Pendirian Pokok Pokok BUMD yang dari provinsi belum ditandatangani juga. Ya, (perubahan Perumda) bisa tahun depan,” kata Denny.

Dijelaskan olehnya, apabila PDPPJ telah resmi menjadi Perumda, Pasar Pakuan Jaya bisa mengembangkan usahanya lebih luas diawali melalui anak perusahaan, yakni koperasi.

“Mungkin ke anak perusahaan terutama koperasi kita akan memperdayakan koperasi. Kedepan bisa saja dicoba ikut modal saham di perusahaan lain (milik pemerintah). Tapi ini masih jauh belum ke arah sana, kita akan kaji lagi secara khusus,” tukasnya. (HRS)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *