Saat Pohon Randu Tua di Jalan Pajajaran Dieksekusi

Kota Bogor bogorOnline.com

Brukk… Bunyi keras itu mengiringi tumbangnya pohon randu yang berada di kawasan Jalan Pajajaran, Babakan, Bogor Tengah, Kota Bogor pada Rabu 4 September 2019.

Penebangan pohon berusia sekitar 100 tahun dengan diameter 130 sentimeter dimulai sekira pukul 08.00 WIB. Proses eksekusi pohon setinggi 8 meter tersebut berlangsung satu setengah jam oleh sejumlah petugas dari Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperumkim).

Petugas lain tampak siaga menyambut datangnya batang pohon yang jatuh mendarat siap untuk dipotong-potong menjadi beberapa bagian. Selepas itu batang berikut daun diangkut ke bak truk.

Kepala Seksi Pertamanan pada Disperumkim, Erwin Gunawan mengemukan penebangan pohon randu dilakukan dalam rangka antisipasi terjadinya pohon tumbang. Sebab, akar pohon telah mengalami tingkat keropos yang signifikan.

“Kondisi akar pohonnya sudah mengalami pengeroposan kurang lebih 70 persen, dikhawatirkan akar sudah tidak lagi mampu menahan beban batang pohon,” terang Erwin.

Pohon randu ini sebelumnya telah dipangkas hingga menyiskan tinggi 8 meter pada 2017 lalu. Awalnya pohon yang memiliki nama latin ceiba pentandra ini tingginya mencapai sekitar 30 meter .

“Tahun 2017 kita sudah melakukan toping pada batang atas pohon, dan baru kali ini dapat kita lakukan penebangan pohon randu,” imbuh Erwin.

Di sekitar lokasi, lanjut Erwin, setelah selesai evakuasi yang diperkirakan memakan waktu dua hari akan ditanam kembali beberapa pohon mahoni.

“Kedepan pada lokasi akan kita tanam 5 pohon pelindung jenis mahoni, untuk tetap menjaga ekosistem yang ada,” tukasnya. (HRS)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *