Sekcam Minta Panitia Pilkades Bekerja Lebih Teliti Sesuai Prosedur

PARUNG PANJANG – bogorOnline.com

Sekertaris Kecamatan (Sekcam) Parung Panjang, Icang Aliyudin, meminta panitia pemilihan kepala desa (Pilkades) di wilayah Kecamatan Parung panjang untuk waspada dan teliti dalam melaksanakan tugasnya.

Menurutnya, kewaspadaan dan ketelitian panitia Pilkades diperlukan, agar keberlangsungan semua tahapan dan pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2019 di Kecamatan Parung panjang, dapat berjalan lancar dan sesuai prosedur.

Icang Aliyudin, yang juga menjabat sebagai Sekretaris Panitia, Pilkades Kecamatan Parungpanjang mengatakan, seluruh panitia pilkades tingkat desa, BPD, Bendahara Desa dan Penjabat Kepala Desa se-Kecamatan Parungpanjang telah mengikuti bimbingan teknis (Bintek) pilkades di Aula kantor Kecamatan Parungpanjang, beberapa waktu lalu.

“Salah satu poin penting yang kami sampaikan kepada panitia tingkat desa adalah agar waspada dan teliti dalam bekerja, terutama yaitu terkait pendataan daptar pemilih sementara atau DPS,” ungkap Icang, Ahad (8/9/2019).

Dia menghimbau agar panitia Pilkades terus melakukan verifikasi faktual secara seksama, dengan melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) tentang data DPS.

“Jadi data DPS yang sudah di coklit harus terus di verifikasi secara faktual, baik penduduk (pemilih) yang sudah keluar (pindah), meninggal dunia dan penduduk yang masuk data sebagai pemilih tambahan yang usianya sudah 17 tahun atau sudah menikah,” imbuhnya.

Masih kata Sekcam Parungpanjang, sementara dari daftar nama bakal calon kepala desa (balon kades) yang sudah masuk, ada dua desa yang kemungkinan akan melakukan seleksi tambahan, karena balon kades lebih dari 5 orang yaitu Desa Kabasiran dan Jagabita.

“Panitia harus tepat menentukan waktu pelaksanaan seleksi tambahan, agar sesuai dengan jadwal tahapan yang telah ditentukan,” ujarnya.

Sedangkan terkait adanya bantuan anggaran pelaksanaan Pilkades yang diberikan Pemkab Bogor dengan penghitungan per satu orang pemilih sebesar Rp.15.000, Icang Aliyudin menghimbau semua panitia Pilkades untuk terus memantau informasi update (terkini) terkait hal tersebut.

“Apakah dana bantuannya berkurang atau bertambah? Sehingga bisa segera direvisi (rubah) di dalam APBDes nya dan juga dalam SPJ nya,” tandasnya. (Mul)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *