by

BPN Kota Bogor Kejar Target PTSL

Kota Bogor – bogorOnline.com

Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Bogor terus mengupayakan percepatan semua bidang tanah terdaftar dan bersertifikat melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Tahun ini, BPN menargetkan 65 ribu bidang tanah bersertifikat.

Kepala Seksi Infrastruktur Pertanahan pada BPN Kota Bogor, Yoga Munawar mengatakan, sampai saat ini untuk proses pengukuran dari target 80 ribu bidang tanahsudah tercapai 76.400 bidang tanah.

“Jadi sisanya tinggal sekitar 3.600 bidang tanah belum terukur akan diselesaikan,” katanya, Kamis 24 Oktober 2019.

Yoga melanjutkan, bahwa untuk sertifikat dari target 65 ribu bidang tanah yang sudah masuk pemberkasan mencapai 57 ribu bidang tanah. Namun begitu, dari jumlah tersebut yang menjadi sertifikat ada 52 ribu.

“Kenapa tidak semua bisa jadi sertifikat? karena yang 5.000 bidang tanah lagi diantaranya berkasnya tidak lengkap, orangnya tidak ada atau tidak mau ikut program dan sebagian kecil sengketa,” imbuh Yoga.

Pihak BPN sendiri sambil program PTSL ini berjalan secara bertahap menyerahkan juga sertifikat kepada warga pemilik tanah. Penyerahan fisik sertifikat mulai dilaksanakan sejak Agustus 2019 lalu.

“Seperti hari ini, kita serahkan 110 sertifikat secara simbolis di Kecamatan Bogor Tengah. Kita serahkan sertifikat secara bertahap sambil proses yang lain. Yang pertama itu pada bulan Agustus,” jelas Yoga.

Saat ini, masih kata Yoga, 19 ribu sertifikat yang sudah tercetak dan tinggal ditandatangani untuk kemudian diserahkan kepada warga melalui kelurahan. Ia yakin betul untuk percetakan 52 ribu sertifikat bisa selesai sesuai target lantaran sudah tercatat dalam sistem.

“Sekarang ini yang sedang kita kejar untuk pengukuran dari 80 ribu bidang tanah, baru 76 ribu sekian. Dan sertifikat, dari 65 ribu bidang tanah baru pemberkasan 57 ribu, berarti ada sisa 7 ribu-an. Ini yang sedang kita kejar sampai akhir bulan November,” sebutnya.

Dalam kesempatan ini, Yoga mengungkapkan pihaknya masih memiliki pekerjaan rumah (PR) untuk penyelesaian sisa progran PTSL 2018. Sedikitnya ada 2.000 bidang tanah di Kecamatan Bogor Barat dan sekitar 3.000 bidang tanah di Kecamatan Bogor Selatan.

“Jadi kita masih punya PR dari PTSL 2018 sekitar 5.000 bidang dari target 60 ribu dengan yang masuk K-1, 47 ribu. Sama halnya juga untuk tahun ini dari jumlah 62 ribu, K-1 nya hanya 52 ribu. Jadi hanya angka itu yang dikejar. Kita sudah ada progres di Bogor Barat sekitar 300 bidang tanah,” tutupnya. (HRS)
FOTO : Istimewa

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed