ODGJ Antusias Ikuti Berbagai Lomba di Kebon Raya Bogor

Kota Bogor – bogorOnline.com

Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) antusias mengikuti berbagai lomba yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa bekerjasama dengan Yayasan Jamrud Biru pada Kamis 10 Oktober 2019. Lomba menggambar, shalawat, puisi dan adzan hingga hingga kultum ini berlangsung di Kebon Raya Bogor.

Manajer Program Dompet Dhuafa, Ahmad Fitroh mengatakan, bahwa perlombaan ini diselenggarakan untuk memperingati Hari Kesehatan Jiwa se-Dunia ke-10. Ada 30 pasien ODGJ berasal dari Yayasan Jamrud Biru yang mengikuti perlombaan.

Ahmad lanjut menjelaskan, bahwa kegiatan rutin yang kerap dilakukan setiap pekan, seperti halnya mengelilingi kawasan Jabodetabek bersama pasien ODGJ dengan memberdayakan mantan pasien agar berdaya setelah mereka sembuh.

“Kita melihat titik kesembuhan mereka, pasien tahap 60 persen ke atas, sehingga mereka pun bisa mudah diatur. Kalau di bawah 60 persen akan menjadi ricuh, karena belum bisa diatur dan diarahkan sepenuhnya oleh pengurus,” katanya.

Ia berharap para ODGJ bisa diterima oleh keluarga dengan sepenuh hati dan tidak ada perlakuan diskriminatif kepada mereka.

“Kita mengirim Ustad ke yayasan rehabilitasi ODGJ, melakukan evakuasi dan rehabilitasi pasien lalu dikirim ke yayasan yang bekerjasama dengan Dompet Dhuafa,” tandasnya. (HRS)