Lestarikan Perguruan Silat Tertua, Saung Penca Bina Pesilat Muda

Caringin – bogorOnline.com

Salah satu Lingkung Seni Perguruan Pencak Silat Aliran Cimande (PPSAC) Saung Penca, tahun ketahun adakan festival bela diri silat.

Pembina Perguruan alias Pupuhu Saung Penca, Didih Supriyadi, mengatakan, festival tersebut digelar dengan tujuan untuk menarik minat kaula muda ikut berpartisipasi melestarikan budaya silat Cimande, sebagai aliran silat tertua di Nusantara.

“Jika sudah minat, baru kita bina dan kita latih agar silat ini tidak punah,” ujar Didih di Saung Penca, Cimande, Caringin, Bogor, Jum’at 8 November 2019.

Didih menjelaskan PPSAC memiliki 12 Lingkung Seni perguruan silat di Cimande, mencari dan melatih bibit muda untuk menjadi pesilat profesional. Bahkan Didih mengklaim banyak pesilat binaan PPSAC, melatih di berbagai perguruan silat baik Nasional atau Internasional. Tidak hanya menyalurkan pelatih, banyak perguruan silat beraliran Silat Cimande juga.

“Se-Indonesia hampir setiap Provinsi atau Daerah ada perguruan aliran Cimande, untuk dunia seperti Amerika, Belanda dan Francis ada cabang kita disana,” jelas Didih.

Didih melanjutkan, kegiatan festival yang digelar di Lingkung Seni Saung Penca miliknya, diikuti lebih dari 600 peserta silat dari puluhan perguruan silat beraliran Cimande di empat Provinsi, yakni Jawa Barat, Sumatera, Banten dan DKI Jakarta. Ini adalah festival ke-4 yang di gelar sekaligus dalam rangka perayaan hari lahir Lingkung Seni Saung Penca.

“Alhamdulillah dari tahun ke tahun acara, semakin banyak pesertanya,” ujarnya.

Didih menambahkan pagelaran silat di tempatnya juga dalam rangka menyambut festival budaya Cimande tahunan, yaitu Ngabungbang 14 Maulid. Ngabungbang adalah adat budaya yang sudah ada sejak leluhur atau Kasepuhan Cimande, kini adat budaya itu terus dipertahankan oleh penerus Kasepuhan Cimande dari tahun ke tahun selalu ada.

“Acara dari tanggal 10 hingga 14 Maulid, acara itu ialah dalam memperingati hari kelahiran jungjangan kami Nabi Muhammad,” pungkasnya. (*/Nai)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *