by

Begini Kata PMI Kabupaten Bogor, Soal Bocah 3 Tahun Kritis Kurang Darah

BOGORONLINE.com-BOGOR CIBINONG

Sekretaris Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bogor Makmur Rozak mengatakan, bila balita tersebut sangat membutuhkan darah pihaknya siap 24 jam sesuai Standard Operating Procedure (SOP) yang ia tahu selama ini. Dimana teknis pengambilan darah tersebut lanjutnya menjelaskan, dari pihak rumah sakit akan memberikan surat penghantar. Guna ditujukan ke PMI Kabupaten dengan menyiapkan donor pengganti untuk keperluan anak itu.

“Pada prinsipnya harus ada surat pengantar dari pihak RS dimana si pasien sedang di rawat,” ujarnya saat dihubungi bogorOnline.com Selasa (28/1/20).

Sebelumnya, bocah berumur tiga tahun bernama Nazwa warga Kampung Bulak Saga RT 01/07, Desa Cibadung, Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor. Mengalami kondisi kritis akibat kekurangan darah golongan A yang didiagnosa mengidap penyakit kangker darah atau blood kangker di Rumah Sakit
Fatmawati hari ini.

Indri (35) ayah dari Nazwa yang berprofesi sebagai buruh serabutan mengatakan, karena persediaan dara tak mencukupi dokter memberikan keterangan bahwa oprasi tak bisa berlangsung lantaran di RS tak ada stok darah golongan A. Apalagi lanjutnya menjelaskan, ketika sang istri bernama
Nurhasanah sempet mendadak pingsan, lantaran syok melihat kondisi anaknya yang tengah kritis. Sehingga dokter melarang ia untuk melakukan donor darah untuk kebutuhan operasi sang buah hati.

“Padahal dari pihak keluarga hanya ia yang memiliki golongan darah yang sama dengan si anak,” tambahnya.

Indri menambahkan, awal mulanya sang anak mengeluhkan sakit di mata yang terus membengkak. Karena itu, dirinya membawa anak berobat ke RS Dompet Dhuafa, Kemang pada Senin 21/1/20.
Usai melalui pemeriksaan, pihak RST Dompet Dhuafa mengaku tak sanggup. Karena ternyata sang buah hati mengidap penyakit berbaya dan langsung merujuk ke RS Fatmawati. 

“Karena di Rumah Sakit tersebut lebih lengkap,” tambahnya.(rul)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed