by

Ini Langkah Sentul 8 Hotel dalam Mengantisipasi Wabah Covid-19

BOGOR – Sentul 8 Hotel melakukan sejumlah upaya untuk mencegah potensi penularan virus Corona atau COVID-19 di lingkungan hotel tersebut. General Manager Sentul 8 Hotel, Aan Rohana mengatakan, upaya pencegahan dilakukan dengan beberapa cara mulai dari penyemprotan disinfektan secara rutin di dalam dan luar lingkungan hotel.

“Antisipasi yang dilakukan manajemen di dalam mencegah penyebaran Covid19 di Sentul 8 Hotel dengan penyemprotan disinfektan area indoor dan outdoor secara rutin,” ujarnya.

Selain itu, di pintu masuk kawasan Sentul 8 Hotel juga telah dilakukan pengecekan suhu tubuh untuk seluruh karyawan juga kepada para tamu hotel. Manajemen juga menyediakan hand sanitizer di Front Office (FO) dan juga lokasi-lokasi strategis, menyediakan masker untuk tamu yang memerlukan, dan melengkapi seluruh karyawan yang bekerja dengan APD lengkap, wajib menggunakan Masker dan sarung tangan.
“Kami juga mewajibkan karyawan untuk mandi menggunakan sabun antiseptik setelah selesai bekerja dan ganti baju,” katanya.

Berbagai langkah antisipasi ini, lanjut Aan, sebenarnya sudah diterapkan pihak Sentul 8 Hotel, jauh sebelum Covid19 ini merebak. Sentul 8 Hotel sudah menerapkan standar kebersihan, Sanitasi dan Higienis yang tinggi. Mengelap seluruh area kamar dengan disinfektan terutama untuk barang-barang yang rutin dipegang tamu seperti handle pintu, remote TV, remote AC, gagang telpon, dan benda lainnya. “Semua itu sudah dilakukan dari dulu. Untuk handuk, sprei dan linen lainnya kita cuci dengan menggunakan Chemical Ecolab, yang dikeringkan pada suhu sampai 160c sehingga efektif utk membunuh kuman / bakteri / virus,” tegasnya.

Petugas keamanan mengenakan masker dan sarung tangan mengecek suhu tubuh kepada tamu maupun karyawan Sentul 8 Hotel

Aan mengungkapkan, wabah COVID-19 ini sangat berdampak pada bisnis perhotelan. “Sejak masuknya Covid19 di Indonesia, okupansi kami turun drastis, turun hampir 80% sampai dengan hari ini.
Untuk tamu yang datang saat ini hanya domestik, kalau WNA untuk bulan ini sudah tidak ada,” imbuhnya.

Untuk merasionalisasi usaha di tengah wabah Covid19 dan menurunnya okupansi hotel, Manajemen mengambil kebijakan dengan meliburkan karyawan secara bergilir, hal ini perlu dilakukan untuk menghindari banyaknya interaksi karyawan dan juga sebagai salah satu langkah Manajemen dalam efisiensi biaya utk menghindari adanya PHK diperusahaan, sehubungan turunnya pendapatan hotel.

“Kami menghimbau kepada keluarga besar Sentul 8 Hotel dan masyarakat umum agar di dalam menghadapi wabah Covid19 ini, supaya jangan panik tapi tetap waspada, lakukan Social dan Physical Distancing, ikuti imbauan pemerintah, selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan menjaga daya tahan tubuh. Penting untuk selalu berpikir positif, optimis, dan tetap semangat semoga kita semua bisa melewati badai ini, Aamiin,” tandasnya (*)

Penyemprotan cairan disinfektan di ruang outdoor Sentul 8 Hotel
karyawan dengan Alat Pelindung Diri (APD) melakukan penyemprotan cairan disinfektan di ruang outdoor Sentul 8 Hotel

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed