by

Resahkan Warga Pabaton, Petugas Damkar Buru Monyet Liar

BOGORONLINE.com, Bogor Tengah – Sejumlah petugas pemadam kebakaran pada Satpol PP Kota Bogor melakukan perburuan terhadap monyet liar yang meresahkan warga di kawasan Jalan Gedong Sawah RT01 RW01, Kelurahan Pabaton, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Upaya perburuan dilakukan petugas dengan menyisir sejumlah titik di rumah warga menjadi objek kemunculan monyet berekor panjang tersebut. Petugas juga berupaya menjebak dengan menggunakan jaring dan kandang yang diberi pisang sampai dipikat dengan monyet peliharaan milik warga.

Komandam Damkar Sektor Yasmin, Aswinata mengatakan, bahwa pihaknya sudah melaksanakan pemantauan kurang lebih seminggu berdasarkan laporan warga yang merasa resah atas kemunculan monyet liar yang masuk permukiman warga.

“Upaya hari ini dilakukan penjebakan, tapi memang lebih efektif lagi dengan penembakan bius. Karena, keterbatasan peralatan dari Damkar, maka besok dilanjutkan dengan melibatkan petugas gabungan dari Polhut, BKSDA dan komunitas Animal Rescue,” kata Aswinata ditemui di lokasi, Kamis (19/3/2020).

Pihaknya berharap pada perburuan nanti ada banyak teknik-teknik yang bisa diterapkan, sehingga monyet liar yang diperkirakan masih bersembunyi di sekitar lokasi tersebut tak lama bisa dieksekusi oleh petugas. Bahkan tadi monyet liar didapati masuk ke salahsatu kamar rumah warga pada pukul 06.00 WIB.

Lebih lanjut, Aswinata menduga monyet liar yang masuk ke pemukiman warga tersebut kelaparan akibat habitatnya terganggunya. Ia juga memperkirakan monyet liar yang masuk kepemukiman warga berjumlah lebih dari dua ekor seperti diungkapkan warga.

“Iya, habitat aslinya kayanya sudah terganggu. Sepertinya monyet liar, entah dari Kebun Raya atau Taman Topi, kita belum tahu. Yang jelas, habitat aslinya sudah terganggu makanya mencari makan pemukiman warga. Ada empat ekor, hanya yang sering terpantau di sini dua ekor,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Lurah Pabaton, Andry Sinar yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, laporan keresahan warga atas monyet liar respon baik oleh petugas Damkar dan BPBD. Perburuan terhadap monyet liar terus dilakukan dalam sepekan ini, dan hari ini kembali dilakukan pemantauan di sekitar lokasi munculnya monyet di dalam rumah warga.

“Petugas tadi sudah membuat jebakan dan mudah-mudahan bisa terjaring segera. Karena memang prosesnya tidak mudah. Untuk itu, rencananya besok akan dilanjutkan dengan melibatkan petugas gabungan,” kata Andry.

Dari penuturan warga, lanjut Andry, monyet liar itu sudah beberapa hari sering terlihat di sekitar Jalan Gedong Sawah II dan III. “Sejauh ini dampak yang dirugikan belum ada, tapi kehadirannya sudah meresahkan warga. Iya, sepertinya mereka sedang mencari makanan ke sini,” tandasnya. (Hrs)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed