by

Tetap Buka, Pasar Tradisional di Kota Bogor Sediakan Fasilitas Cuci Tangan

BOGORONLINE.com, Kota Bogor – Perusahaan Umum Daerah Pasar Pakuan Jaya (Perumda PPJ) Kota Bogor memastikan pasar tradisional yang dikelolanya tetap buka. Untuk upaya pencegahan penyebaran covid-19 atau virus korona disediakan fasilitas cuci tangan di pintu masuk pasar.

“Kami tetap buka karena bentuk pelayanan, tapi beberapa hal kami batasi, misal tidak boleh penumpukan pembeli, jaga jarak penjual dengan pembeli minimal satu meter, masuk pasar wajib cuci tangan di wastafel atau hand sanitizer dan pedagang flu batuk kami kasih masker. Nah, yang suhu diatas 37,5 derajat celcius tidak boleh masuk pasar,” kata Direktur Utama Perumda PPJ, Muzakkir kepada awak media, Senin (23/3/2020).

Selain itu, lanjut Muzakkir, untuk langkah pencegahan penyebaran covid-19 di pasar dan kantor PPJ dilakukan penyemprotan dua kali sehari. Penyediaan fasilitas cuci tangan di wastafel portabel dan hand sanitizer di pintu masuk pasar. “Upaya lain edukasi pencegahan covid-19 melalui spanduk dan banner setiap pasar dan menggunakan pengeras suara langkah-langkah pencegahan covid19. Ini program kami di pasar,” imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Umum Perumda PPJ, Jenal Abidin menjelaskan, bahwa dalam rangka pencegahan covid-19, pihaknya memberlakukan sistem shift jam kerja pegawai di kantor pusat dan unit pasar. Selain pembatasan jam kerja, PPJ juga memberikan suplemen vitamin dan alat pelindung diri berupa vmasker dan sarung tangan.

“Kami menghimbau kepada semua pegawai untuk tetap menjaga kesehatan, kurangi interaksi, dan jaga jarak. Masker, sarung tangan harus dipakai saat tugas. Kami batasi jam kerja masuk pukul 09.00 Wib dan pulang pukul 15.00 Wib. Kami juga berikan kelonggaran untuk satu hari masuk, sehari kami Work From Home (WFH),” kata Jenal.

Terpisah, Kasubag Humas PPJ Riyadul Muslim memastikan juga bahwa masyarakat untuk tidak mengkhawatirkan ketersediaan kebutuhan bahan pokok di pasar tradisional. “Sejauh ini stabil, tapi ada yang naik dan turun untuk harga. Untuk kebutuhan bahan pokok saat ini cukup. Tergantung kondisi situasi nasional,” ucapnya. (Hrs)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed