by

Dishub Kota Bogor Semprot Angkot dengan Desinfektan dan Bagikan Sembako untuk Sopir

BOGORONLINE.com, Tanah Sareal – Jajaran Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor melakukan penyemprotan cairan desinfektan kepada ratusan angkutan perkotaan (angkot) yang melintas di kawasan Air Mancur, Jalan Raya Ahmad Yani, Bogor Tengah, Kota Bogor, Rabu (8/4/2020).

Dari pantauan, ratusan angkot yang melintas di kawasan tersebut antara lain trayek 07, 08 dan 16 di masukan ke jalur khusus yang sudah disiapkan petugas. Sudut demi sudut, mulai dari luar hingga bagian dalam angkot disemprot cairan desinfektan sebagai upaya pencegahan penyebaran covid-19 di transportasi umum.

Tidak itu saja, satu per satu penumpang dan sopir pun diperiksa suhu tubuhnya oleh petugas dari Dinas Kesehatan Kota Bogor. “Bagi sopir dan penumpang yang belum memakai masker, kami berikan masker kain gratis bantuan dari TP. PKK Kota Bogor dan Pramuka. Karena sesuai rekomendasi WHO dan pemerintah diwajibkan memakai masker bagi warga yang keluar rumah,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan Kota Bogor Eko Prabowo.

Eko menambahkan, para sopir angkot pun diberikan bantuan berupa sembako untuk membantu meringankan beban mereka di tengah wabah Covid-19.

“Karena mereka ini salah satu yang terdampak ekonominya akibat Covid-19.

Semoga ini menjadi stimulus bagi masyarakat lainnya untuk saling berbagi di tengah kondisi seperti ini,” katanya.

Eko menjelaskan, kegiatan serupa juga telah dilakukan di dua titik sebelumnya, seperti di kawasan Empang, Bogor Selatan dan Kawasan Warung Jambu, Bogor Utara.

“Di kawasan Air Mancur ini merupakan titik ketiga. Nanti rencananya di dalam kota ada 5 titik checkpoint. Ke depan akan terus ditambah menjadi 9 titik hingga ke perbatasan,” terang Eko.

“Ini juga sekaligus bagian dari persiapan apabila Kota Bogor mendapatkan rekomendasi pemerintah pusat untuk melakukan PSBB. Jadi kita persiapkan itu, sehingga masyarakat tidak kaget dengan checkpoint – checkpoint ini,” tambahnya.

Salah satu sopir angkot trayek 07, Ibrahim, mengapresiasi langkah yang dilakukan Dishub dengan melakukan penyemprotan desinfektan.

“Angkot kan yang naik beda-beda orang. Untuk pencegahan bagus. Apalagi ada bantuan sembakonya buat sopir. Soalnya sejak Corona menurun drastis (pendapatan). Buat dapur bisa bawa pulang Rp 40 ribu aja udah bagus,” kata Ibrahim. (prokompim)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed