by

Menampung Aspirasi Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan

BOGORONLINE.com, Kota Bogor – Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Kota Bogor mengadakan public hearing dengan tema “Jeritan Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dalam Wabah Covid-19” pada Sabtu (9/5/2020) secara daring. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai modifikasi hari aspirasi yang biasanya dilaksanakan hari Selasa tiap pekan.

Dalam kesempatan tersebut turut dihadiri oleh Ketua DPRD Kota Bogor, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor, seluruh anggota Fraksi PKS DPRD Kota Bogor, HIMPAUDI Jaawa Barat, HIMPAUDI Kota Bogor, Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Kota Bogor, para pengurus Yayasan penyelenggara Pendidikan di Kota Bogor, guru, serta tenaga kependidikan.

Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Bogor, Karnain Asyhar menjelaskan, salah satu kebutuhan dasar masyarakat yang sangat terdampak oleh wabah Covid-19 adalah penyelenggaraan pendidikan. Tenaga pendidik maupun kependidikan, penyelenggara pendidikan, peserta didik dan orang tua siswa adalah pihak yang bisa merasakan berbagai situasi sulit yang dihadapi dalam rangka penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas dan berkelanjutan di masa wabah Civid-19 ini.

“Kita sangat perihatin, beberapa pengelola sekolah swasta menyampaikan tingkat kesulitan untuk menjaga kesinambungan penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas. Ada yang harus menjual aset keluarga (motor, mobil, perhiasan) untuk menutup biaya operasional penyelenggaraan pendidikan, di antaranya untuk membayar honor guru dan karyawan. Di lain pihak orang tua siswa juga mengalamai kendala untuk membayar uang sekolah.”, ujar Karnain.

Oleh karena itu, sambung Karnain, perlu adanya intervensi dari pemerintah melalui pemberian berbagai stimulan.

“Karenanya “revolusi” pendidikan yang terjadi di era wabah Covid-19 ini, pemerintah harus hadir memberikan intervensi dengan berbagai stimulan agar keberlangsungan pembelajaran dapat terus berlangsung untuk menjamin penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas,” ujarnya.
(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed