by

Jampi Usodo dan Senjata Biologis Berbalut Medis Bernama Vaksin

 

Oleh : Kurniawan Nata Dipura
Editor : Saeful Ramadhan

Beberapa pendapat mengatakan bahwa sebenarnya pemberian vaksin tidak berhubungan dengan peningkatan daya tahan tubuh, karena fungsinya hanya sebagai perangsang imunitas tubuh. Oleh karena itu meski sudah di vaksin, faktanya masih tetap saja banyak orang yang terkena penyakit.

Vaksin merupakan senjata biologis berbalut hal medis. Vaksin modern dikelola oleh Flexner Brothers yang di danai oleh pentolan Elite Global yakni The Rockefeller Family. Mereka pula yang membuat banyak lembaga internasional termasuk WHO. Sungguh ironis bukan?

Sementara Indonesia kaya akan rempah- rempah yang bisa di jadikan sebagai bahan bahan untuk membuat obat tradisional serta menambah imunitas tubuh. Sejauh ini, tanaman maupun ramuan herbal diklaim bisa bantu mencegah infeksi Covid-19.

Khasiat tanaman rempah sudah dimanfaatkan orang Indonesia sejak zaman dulu. Saat wabah flu Spanyol 1918 misalnya, masyarakat Indonesia memanfaatkan Jamu untuk meningkatkan imunitas tubuh dan bahkan sekaligus menjadi obat bagi pasien yang terjangkit virus tersebut. Masyarakat Nusantara mendapatkan resep minuman olahan ini dari leluhur mereka diwariskan turun temurun dan khasiatnya tidak diragukan lagi. Tidak heran jika kemudian inohong Pemerintah Hindia Belanda yang saat itu menguasai Indonesia ikut-ikutan mengkonsumsi jamu agar terhindar dari penularan virus tersebut.

Jamu memang bukan sekedar minuman olahan. Jamu singkatan dari Jampi Usodo yang artinya do’a dan kesehatan merupakan ikhtiar lahir batin masyarakat Nusantara untuk menjaga kesehatan diri dan keluarganya. Minuman ini banyak sekali variannya, dan setiap varian diyakini bisa menjadi obat penyakit tertentu.
Jamu pegal linu misalnya, diperuntukan untuk mengembalikan stamina tubuh masyarakat yang kesehariannya bekerja dengan aktifitas fisik yang melelahkan. Jamu tolak angin mengobati penyakit masuk angin, dan seterusnya.

Kunyit, salah satu bahan jamu jampi usodo yang berisikan kunyit. Tumbuhan herbal ini tengah naik daun semenjak corona mulai merebak di Indonesia. Jamu tradisional asal Indonesia ini, memang sebenarnya sudah sejak lama dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Jamu Jampi Usodo sendiri sebenarnya merupakan kumpulan rempah yang terdiri dari jahe merah, temulawak, biang kunyit, kayu manis, gula aren dan sereh. Campuran rempah tersebut dinilai bisa meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tidak sedikit orang yang mengonsumsinya untuk mencegah tertular Covid-19..

Lagipula, sejauh ini, obat-obat herbal yang diteliti terkait Covid-19 lebih bertujuan untuk meningkatkan sistem imun, bukan untuk benar-benar menyembuhkan.Namun luar biasa sekali ternyata di Indonesia kaya akan rempah yang melimpah.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed