by

PENANAMAN 10 RIBU POHON JENIS DAMAR, PUSPA DAN MAHONI DI HUTAN CISADON

Bogor (26/07/2020), Kelompok Tani Hutan (KTH) Datar Hamerang melaksanakan penanaman 10 ribu pohon di hutan Cisadon Kabupaten Bogor bersama Perhutani KPH Bogor dan LMDH Bojongkoneng. Alprianto Taripa sebagai ketua KTH Datar Hamerang menyampaikan bahwa kegiatan penanaman 10 rubu pohon di hutan Cisadon dilaksanakan secara bersama-sama oleh + 250 orang baik dari KTH, Perhutani, LMDH maupun komunitas pencinta lingkungan.

Kegiatan ini merupakan salah satu implementasi dari kerjasama agroforestry / Perhutanan Sosial dengan Perhutani KPH Bogor dan LMDH Bojongkoneng. Penanaman 10 ribu pohon yang dilaksanakan pada hari ini merupakan rangkaian kegiatan yang telah kami laksanakan sejak September 2019 dengan penanaman buah-buahan, kopi dan tanaman keras lainnya.
“Kami bertekad bahwa kegiatan penanaman di hutan Cisadon akan terus dilaksanakan bersama stakeholder lainnya sebagai sarana edukasi dan wisata alam. Tujuan kami adalah menjadikan hutan Cisadon menjadi produktif “Hutannya Lestari dan Masyarakatnya Sejahtera”.

Ucapan terima kasih disampaikan juga kepada Ibu Rosita pemilik Hutan Organik Megamendung Bogor yang banyak mensuport sehingga kegiatan ini dapat terlaksana. (*)

Ditempat terpisah Administratur /KKPH Bogor Ahmad Rusliadi, menyampaikan apresiasi kepada Sdr. Alprianto Taripa selaku ketua KTH Datar Hamerang yang telah melaksanakan penanaman 10.000 pohon di hutan Cisadon dengan jenis Damar, Puspa dan Mahoni atau setara dengan keluasan 25 Ha. Hutan Cisadon seluas + 1.300 Ha yang dikelola Perhutani KPH Bogor merupakan Hutan Produksi yang telah ditetapkan sebagai kawasan konservasi sesuai Keputusan Presiden nomor : 114 Tahun 1999 tentang Penataan Ruang Kawasan Hutan Bogor-Puncak-Cianjur.

Penanaman/rehabilitasi hutan oleh KTH Datar Hamerang merupakan salah satu kewajiban dari kesepakatan kerjasama dengan Perhutani KPH Bogor. Kegiatan serupa bisa dijadikan contoh bagi mitra kerja/mitra usaha Perhutani KPH Bogor yang lain dalam kegiatan rehabilitasi hutan. Ahmad Rusliadi juga berpesan kepada KTH Datar Hamerang untuk tetap menjaga dan merawat pohon-pohon yang sudah ditanam sehingga dapat tumbuh dengan baik dan bermanfaat untuk lingkungan dan masyarakat. Semoga kerjasama agroforestry antara Perhutani KPH Bogor dengan KTH Datar Hamerang dan LMDH Bojongkoneng ini dapat membawa keberkahan buat kita semua.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed