by

Rekomendasi DPRD Atas LKPD Tahun Anggaran 2019 KOTA BOGOR RAIH WTP

Bogor,- Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor kembali mendapat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2019. Kota Bogor meraih WTP tahun ini untuk kali yang ke empat secara berturut-turut sejak tahun 2016 lalu. Menyusul hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Jawa Barat. Keberhasilan ini, selain berkat rekomendasi DPRD Kota Bogor terkait LKPD Tahun Anggaran 2019, tentu saja juga kinerja tata kelola keuangan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Bogor.

Ketua DPRD Kota Bogor, Atang Trisnanto, S.Hut. M.Si mengatakan, opini WTP keempat yang diberikan BPK kepada Pemkot Bogor perlu disyukuri dan dijadikan sebagai pemacu dan pemicu semangat untuk mempertahankan kinerja ke depan, agar lebih baik dan berimplikasi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Hal itu dikatakan Ketua DPRD Kota Bogor, Atang Trisnanto, usai menyaksikan acara daring penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan BPK Perwakilan Jawa Barat atas LKPD Tahun Anggaran 2019, di Balaikota Bogor, Jum’at 26 Juli 2020.

“Selamat kepada jajaran Pemkot Bogor atas raihan opini WTP atas LKPD Tahun Anggaran 2019. Selanjutnya, catatan-catatan dari pemeriksaan tersebut harus segera ditindaklanjuti oleh pihak terkait sesuai dengan tenggat yang diberikan oleh BPK. Hal ini agar pencapaian opini WTP betul-betul sempurna, dan tata kelola keuangan bisa semakin baik,” tandas Atang, demikian panggilan singkat Politisi Partai Keadilan Sejahtera ini.

Hasil pemeriksaan BPK ini, sambung Atang, akan membawa manfaat untuk perbaikan kinerja Pemerintah Kota Bogor, karena di dalamnya ada catatan perbaikan dimana tujuan akhir dari semuanya itu pada gilirannya adalah sematamata dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Bogor.

Sementara itu, beberapa waktu lalu, DPRD Kota Bogor mengapresiasi kinerja Pemerintah Kota Bogor, menyusul atas diraihnya opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tiga kali secara berturut-turut. Pujian itu disampaikan Wakil Ketua Panitia Khusus Pembahas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Wali Kota Bogor Tahun Anggaran 2019, Azis Muslim, pada Rapat Paripurna DPRD Kota Bogor melalui video conference, Selasa 19 Mei 2020.

“Pemerintah Kota Bogor telah berupaya keras mewujudkan program dan kegiatan pembangunan dan pelayanan masyarakat dan mendapat dukungan penuh dari DPRD Kota Bogor,” kata Azis dalam paparannya kala itu.

Ia menambahkan bahwa, untuk perbaikan penyelenggaraan pemerintahan ke depan dalam menjalankan tugas dan fungsinya, DPRD Kota Bogor memberikan beberapa catatan yang dituangkan dalam bentuk rekomendasi.

Wali Kota Bogor, Bima Arya, kala itu yakin Kota Bogor akan kembali menerima opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk keempat kalinya. Keyakinan ini ternyata membuahkan hasil berupa
penghargaan opini WTP dari BPK Perwakilan Provinsi Jawa Barat.

Terkait kebehasilan Kota Bogor meraih Opini WTP Tahun Anggaran 2019, Bima Arya mengatakan, WTP kali ini menjadi WTP keempat yang didapat Pemkot Bogor berturut-turut. Ia mengakui, WTP tidak mungkin didapat tanpa kritik dan evaluasi dari Ketua dan Anggota DPRD. Ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua dan Anggota DPRD Kota Bogor yang terus berupaya menyempurnakan.

“Raihan WTP ini membuat Kota Bogor tetap pada standar pemerintahan yang bersih dan transparan,” kata Bima Arya. (Advetorial)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed