Rifki Alaydrus, Anggota DPRD Ini Gali Potensi Warga Lewat Kampung Juara

BOGORONLINE.com, Bogor Barat – Warga Kampung Cemplang, Kelurahan Cilendek Barat, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor mulai membudidayakan ikan konsumsi dengan memanfaatkan irigasi. Untuk langkah awal ditebar sebanyak 500 ekor ikan nila atau setara 120 kilogram di kolam irigasi kali Cidepit anak sungai Cisadane.

Tak hanya budidaya ikan, rencana kedepan akan dikembangkan sistem akuaponik yang dikombinasikan dengan budidaya sayur mayur. Salah satu upaya ketahanan pangan warga pada masa pendemi Covid-19 ini digagas oleh anggota DPRD Kota Bogor Achmad Rifki Alaydrus.

Achmad Rifki Alaydrus mengatakan, penebaran benih ikan di wilayah RW 13 ini sebagai langkah awal untuk mewujudkan Kampung Juara dengan target memaksimalkan segala potensi yang dimiliki warga sehingga kampung tersebut bisa mandiri dan tidak selalu bergantung kepada bantuan pemerintah.

“Melihat dari keseriusan warga, kedepan program Kampung Juara khususnya di sektor perikanan ini akan terus berlanjut dan dikembangkan sampai warga memiliki hasil ekonomi dari kampungnya sendiri dan tentunya tidak akan bergantung kepada bantuan bantuan pemerintah,” ucap Rifki.

Selain mengembangkan potensi ekonomi dari sektor perikanan, lanjut Rifki, di Kampung Cemplang ini akan dibentuk Kelompok Wanita Tani (KWT) untuk mengembangkan potensi warga di sektor pertanian.

“Nanti akan dimulai juga di bidang pertanian, akan kita buat KWT termasuk membuat akuaponik yang akan dilakukan oleh para warga khususnya kaum ibu. Hal ini juga sebagai bagian dari upaya untuk mengendalikan sampah di kali Cidepit,” ungkapnya.

Rifki berharap langkah awal yang dimulai hari ini bisa berjalan dengan lancar dan baik serta mendapat dukungan dari berbagai pihak terutama warga sekitar yang terjun langsung terlibat dalam melakukan pemeliharaan, perawatan dan pengembangannya.

“Mudah mudahan Kampung Juara ini bisa menjadi suatu program percontohan di wilayah lainnya. Saat ini kita fokus di wilayah Bogor Barat dulu, jika sudah berjalan dengan baik tidak menutup kemungkinan kita juga akan merambah ke seluruh wilayah Kota Bogor,” tandasnya.

Penerbaran benih ikan dihadiri Camat Bogor Barat Juniarti Estiningsih beserta jajaran Kelurahan Cilendek Barat dan warga setempat. Camat Bogor Barat Juniarti Estiningsih mengatakan, Kampung Juara ini diharapkan menjadi wujud nyata dal ketahanan pangan di masa pandemi seperti saat ini.

“Di Kampung Juara ini saya juga mengarahkan agar dibentuk bank sampah, kalau sudah ada bank sampah otomatis nanti urban farming terkait dengan pertanian perkotaan bisa ditanami di sekililing dan tepian kali sehingga menjadi kesatuan antara ikan dan sayur mayur,” kata Esti.

Di masa pandemi Covid-19 ini, Esti mengakui banyak muncul inovasi warga terkait ketahanan pangan memulai konsep urban farming. Kegiatan ini merupakan kegiatan ke delapan di wilayah Kecamatan Bogor Barat.

Menurut Esti, program ini bergerak dari keinginan warga yang diakomodir dan difasilitasi oleh anggota DPRD Kota Bogor Achmad Rifki Alaydrus.

“Saya sebagai pemerintah sangat mendukung kegiatan ini, karena kegiatan ini untuk meningkatkan ketahanan keluarga, pemanfaatan dan pemberdayaam ekonomi masyarakat,” ujarnya

Ia berharap program pemberdayaan masyarakat ini tidak hanya dilakukan di Kampung Cemplang ini saja, tapi di wilayah wilayah lainnya di Kecamatan Bogor Barat, sehingga pemberdayaan ikan bisa terus tumbuh dan bisa mengurangi sampah disungai.

“Selain memperdayakan masyarakat, kegiatan menanam ikan di kalo ini bisa mengurangi sampah,” pungkasnya. (Hrs)

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *