by

Tidak Transparan Soal Aliran Dana Corana Dan Memble, Dinkes Kabupaten Bogor Di Demo PMII

BOGORONLINE.com-BOGOR CIBINONG

Dirasa tidak transparan dan bermental memble terkait aliran dana penanganan Corona Virus (Covid-19) yang berjumlah miliaran kantor Dinas Kesehatan (Dinkes)
Kabupaten Bogor di demo puluhan Mahasiswa dari Pengurus Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Bogor Jalan Tegar Beriman, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor Senin (20/7/20).

“Kami meminta keluar Kapala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Mike Mike Kaltarina untuk datang dan menjelaskan terkait aliran dana ke Dinas yang berjumlah Rp377, 3 miliar bersumber dari uang rakyat Bumi Tegar Beriman,” teriak mahasiswa saat berunjukrasa di lokasi.

Sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Propinsi Jawa Barat (Jabar) Mochamad Ichsan Maoludin mengatakan, terkait perlakuan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Mike Kaltarina yang sampai saat ini. Terkesan menghindar atas persoalan aliran dana penanganan Corona Virus (Covid-19). Berjumlah miliaran ke Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang dipimpin oleh dirinya.

“Bila kondisi seperti itu maka perlu dibuat
Pansus (Panitia khusus) yang sudah wajar harus terverifikasi secara publik. Guna memastikan dana tersebut betul-betul tepat sasaran, atau seperti apa,” ujar pria dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu.

Sekedar diketahui Pemerintah Kabupaten Bogor, mengalokasikan anggaran penanganan Corona Virus (Covid-19) lebih dari Rp377, 3 miliar dengan rincian dana yang terbagi menjadi dua bidang kesehatan dan non kesahatan.

Bidang kesehatan Rp196 miliar meliputi insentif para tenaga kesehatan Rp38,7 miliar, RSUD Cibinong Rp45,3 miliar, RSUD Ciawi Rp29,9 miliar, RSUD Leuwiliang Rp31,8 miliar, RSUD Cileungsi Rp24,7 miliar dan rumah sakit darurat di Wisma Diklat Kementerian Dalam Negeri Kecamatan Kemang sebesar Rp17,5 miliar.

Non kesahatan Rp181,2 miliar, meliputi penambahan Belanja Tidak Terduga (BTT) Rp20 miliar. Rp152 miliar proyeksi kebutuhan pemberian sembako kepada 291.487 Kepala Keluarga (KK) Dikelola
Dinas Sosial (Dinsos). Tim Gugus Tugas Covid-19 Rp5 miliar dan Rp1 miliar untuk Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) kebutuhan sosialisasi dan penyuluhan.(rul)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed