by

Dijadikan Alun Alun, Eks Dua Taman di Kota Bogor Mulai Dibongkar

BOGORONLINE.com, Bogor Tengah – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor tengah melakukan pembongkaran bangunan di area Taman Topi dan Taman Ade Irma Suryani. Diketahui, eks taman yang berlokasi di Jalan Kapten Muslihat, Kota Bogor tersebut akan dibangun alun alun.

“Eks Taman Topi sama Taman Ade Irma Suryani sekarang sudah masuk tahap pembongkaran, kurang lebih tiga minggu lalu sudah ada pemenang lelang, dari nilai limit yang dikeluarkan Pemkot Bogor Rp88 juta, ada penawar tertinggi Rp103 juta,” kata Kepala Bidang Pertamanan, Penerangan Jalan Umum dan Dekorasi pada Dinas Perumahan dan Pemukiman Kota Bogor, Feby Dermawan, belum lama ini.

Feby menjelaskan, pelaksanaan pembongkaran akan memakan waktu selama dua bulan atau 60 hari kalender. Pembongkaran meliputi bangunan-bangunan di area eks taman, terkecuali patung Kapten Muslihat.

“Insya Allah, bulan september akhir sudah rata, sudah bersih, land clearing-nya sudah siap untuk pelaksanaan fisik di tahun 2021. Pembongkaran semua, bangunan, panggung, kecuali patung Kapten Muslihat,” ujarnya.

Untuk patung Kapten Muslihat, kata Feby, waktu itu ada permohonan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) untuk dipindahkan ke museum. Sekait ini, pihaknya akan berkordinasi lebih lanjut dengan pihak museum yang ada di Kota Bogor.

“Nanti kami akan koordinasi dengan pihak museum, apakah museum PETA atau museum lain. Jadi, untuk patung Kapten Muslihat akan kita pidahkan,” ujarnya.

Pada pembanguan nanti, sambung Feby, tidak berikut patung. Namun, ada rencana setelah alun alun terbangun membuat semacam sayembara untuk patung yang ditampilkan nanti di area alun alun.

“Untuk space patung tersebut sudah kita siapkan, tapi setelah pelaksanaan pembangunan fisik selesai pada tahun 2021. Untuk (alun alun) nilainya tetap Rp15 miliar bantuan dari provinsi,” tambahnya.

Ia juga menjelaskan, saat ini desain alun alun tetap menggunakan yang sudah diasistensikan dengan gubernur Jawa Barat. Dalam desain awal tersebut, alun alun sudah terintegrasi dengan Masjid Agung.

Namun demikian, pihaknya belum hafal betul mengenai desain Masjid Agung yang baru karena ada revisi, kemarin. “Tapi sebenarnya di bagian sisi utara itu sudah diintegrasikan dengan Masjid Agung, salah satunya ada asmaul husna dan plaza. Sehingga ketika kegiatan shalat Jumat berjamaah membludak, plaza bisa dipergunakan,” paparnya.

Dari konsepnya, ditandaskan dia, di area alun alun terdapat beberapa fasilitas publik dan juga olahraga. “Nanti ada plaza, jogging track, theater kecil, taman bermain anak dan ada ruang hijau serta ada lapangannya,” jelasnya. (Hrs)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed