by

Empat Puskesmas di Kota Bogor Ditutup Sementara Mulai Besok

BOGORONLINE.com, Kota Bogor – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kota Bogor menutup sementara empat puskesmas yang ada di wilayahnya. Penutupan akan berlangsung selama tiga hari dari 12 sampai 14 Agustus 2020.

Keempat puskesmas tersebut, Puskemas Gang Aut, Puskesmas Cipaku, PKM Bogor Utara dan PKM Mekarwangi. Penutupan ini dilakukan menyusul adanya pegawai di fasilitas pelayanan kesehatan tersebut terkonfirmasi positif Covid-19 setelah tes swab.

Wakil Wali Kota Bogor yang juga Ketua GTPP Covid-19 Kota Bogor, Dedie A. Rachim mengatakan, pihaknya telah melakukan tes swab masif terhadap pegawai di puskesmas dari Juli sampai Agustus hari ini.

“Jumlah hasil swab yang sudah ada 902 orang,” kata Dedie dalam keterangannya, Selasa (11/8/2020).

Dari hasil swab yang ada tersebut, lanjut Dedie, 27 orang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Mereka terdapat di delapan Puskesmas (Gang Aut, Cipaku, Bogor Utara, Sinangbarang, Tanah Sareal, Merdeka, Mekarwangi dan Semplak).

Dari ke 27 orang, 13 petugas pelayanan langsung yang terinfeksi, tiga penunjang, tiga petugas pelayanan tidak langsung, dan delapan petugas administrasi.

Atas analisis dari hasil kegiatan penemuan kasus aktif swab masif bagi tenaga kesehatan ini, kata Dedie, empat puskesmas yang tutup sementara selama tiga hari untuk dilakukan desinfeksi.

Sedangkan dua puskesmas yang menutup layanan sebagian, yakni PKM Sindangbarang tutup layanan KIA dan Poned dan PKM Merdeka tutup layanan Lab. Untuk PKM Tanah Sareal dan Semplak tetap buka layanan seperti biasa.

Upaya lain yang telah dilakukan pihaknya, semua karyawan yang positif sudah dirawat dan diisolasi serta dilakukan kontak tracing. Disamping itu, bagi yang kontak erat sudah dilakukan pemeriksaan swab ulang dan karantina mandiri.

“Empat puskesmas yang ditutup selama tiga hari 3 akan dilakukan desinfeksi menyuluruh tanggal 12 sampai 14 Agustus. Puskesmas buka kembali tanggal 15 Agustus dengan sistem buka parsial oleh petugas yang hasil swab negatif,” ucapnya.

Dijelaskan, pelayanan parsial ini hanya untuk kunjungan sakit, emergency dan rujukan. Sedangkan, kunjungan sehat (contoh pemeriksaan ibu hamil ) ditunda sampai pelayanan normal kembali.

Untuk empat puskesmas tutup sementara, pelayanan dan rujukan online BPJS atau p care dialihkan ke puskesmas yang terdekat.

“PKM Gang Aut dialihkan ke PKM Belong. PMK Cipaku ke PMK Bogor Selatan. PKM Bogor Utara ke PKM Tegal Gundul dan PKM Mekarwangi ke Kedung Badak,” tandasnya. (Hrs/Nai)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed