by

Dedie Harapkan Koperasi Bisa Manfaatkan Peluang di Masa Pandemi

BOGORONLINE.com, Kota Bogor – Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim berharap koperasi di Kota Bogor bisa memanfaatkan peluang di sektor ekonomi yang memiliki potensi yang cukup baik di masa pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri Peringatan Hari Koperasi Ke-73 Tingkat Kota Bogor secara virtual di Posko GTPP Kota Bogor, Jalan Pajajaran, Kota Bogor, Sabtu (26/9/2020).

“Salah satunya sektor pangan yang kedepan mungkin bisa diperhatikan oleh koperasi. Selain itu juga, koperasi di Kota Bogor juga bisa ambil satu langkah dalam memanfaatkan ekonomi digital sebagai salah satu bentuk diversifikasi dan pengembangan koperasi agar tetap bisa bersaing di tengah pandemi Covid-19,” kata Dedie didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Bogor, Samson Purba.

Di Indonesia kurang lebih ada 123 ribu koperasi yang berkontribusi, setidaknya 5 persen pada pendapatan bruto dan 1 persen pada serapan tenaga kerja. Hal ini menurut Dedie menjadi modal yang sangat kuat.

Sementara di Kota Bogor jumlah koperasi yang aktif ada 450 koperasi dengan total anggota sebanyak 20 hingga 25 ribu anggota dari total 800-an koperasi.

Modal tersebut menurut Dedie jika diperkuat rasa memiliki dari semua anggotanya, ditambah kekompakan serta kebersamaan akan menjadi modal juga bagi anggota dan pengurus koperasi dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Dedie berharap kepada semua pengurus dan anggota koperasi untuk bahu membahu melakukan inovasi dan langkah-langkah yang sesuai dengan kondisi yang ada.

Dia mengusulkan kepada para anggota koperasi untuk tidak menarik simpanan secara ramai-ramai karena bisa mengakibatkan koperasinya terpuruk. Sebaliknya para anggota harus mendorong dan memperkuatnya agar bisa melewati pandemi ini.

Hari Koperasi Ke-73 Tahun 2020 ini mengusung tema ‘Peran Koperasi sebagai salah satu penyangga ekonomi di masa pandemi’.

Dalam kesempatan tersebut diserahkan sejumlah bantuan berupa sembako untuk warga, alat kesehatan senilai Rp 30 juta dan bantuan modal operasional bagi perwakilan koperasi di Kota Bogor.

Bantuan tersebut diterima Wakil Wali Kota Bogor didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Bogor secara virtual.

Hadir dalam kegiatan tersebut Dekopinda Jawa Barat, Ketua Dekopinda Kota Bogor dan perwakilan koperasi di Kota Bogor.

Kegiatan diakhiri sosialisasi Koperasi Business Summit oleh Ketua PKPRI, Prof. Irsa Las, Ketua KBS Rachmat Effendi dan didukung LPDB Purwanto. (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed