by

Ini 4 Platform Digital Marketing yang Bisa Bikin Bisnismu Meroket

Sumber: tamasia

Reporter: M Habibur Rohman

Situasi di mana banyak banyak orang dipaksa untuk bekerja dari rumah seperti saat ini membuat berbagai macam bisnis, khususnya bisnis konvensional berjuang menghadapi amsa-masa sulit.  Sepinya pelanggan menjadikan banyak usaha tidak mampu menutup biaya operasional, maka tak heran banyak bisnis yang gulung tikar di tahun 2020 ini.  Meski begitu, ditengah sulitnya berbisnis di era pandemic seperti saat ini, banyak peluang-peluang bisnis baru yang bermunculan dan bisa dijadikan inspirasi untuk menambah pendapatan. Salah satunya ialah bisnis online.

Sebenarnya, jika berbicara mengenai bisnis online, ada banyak sekali jenis bisnis online yang bisa dilakukan untuk mengisi kegiatan di rumah. Di antara berbagai jenis bisnis online yang ada, berbisnis online dengan menggunakan platform periklanan dianggap sebagai salah satu metode yang paling cepat untuk meningkatkan penjualan. Berikut ini adalah beberapa jenis platform periklanan yang bisa kamu coba gunakan untuk meningkatkan penjualan.

Facebook Ads

Facebook Ads merupakan salah satu platform digital yang bisa kamu gunakan untuk mengiklankan bisnismu melalui fitur bernama fanpage.  Berbeda dengan berjualan langsung melalui akun Facebook biasa, dengan Facebook Ads kamu bisa menjangkau ribuan bahkan jutaan orang dengan biaya yang murah. Selain itu, salah satu keunggulan Facebook Ads adalah iklan yang kamu buat akan ditampilkan kepada orang orang yang tertarik ada suatu topik atau interest sehingga memungkinkan kamu untuk menjangkau orang-orang yang tertarget dan relevan dengan bisnis kamu.

Instagram Ads

Instagram Ads sebenarnya merupakan bagian dari Facebook Ads. Hanya saja, mayoritas pengguna yang berasal dari kalangan muda membuat Instagram Ads sangat cocok untuk digunakan dengan tujuan menjangkau konsumen-konsumen berusia muda.

Google Ads

Google Ads merupakan salah satu platform digital yang memiliki layanan periklanan paling popular di antara platform-platform lainnya.  Google Ads memiliki beberapa jenis iklan yang bisa kamu coba, diantaranya iklan penelusuran (Google Search Network), Iklan display/gambar (Google Display Network), Iklan Shopping, iklan aplikasi, dan iklan video. Berbagai jenis iklan yang ada di Google Ads ditunjang dengan system pay per click (PPC) yang memungkinkan kamu untuk membayar biaya iklan hanya bila iklan kamu di klik, sehingga biaya yang dikeluarkan lebih terjangkau.  Keunggulan lain yang dimiliki oleh Google Ads adalah jangkauan konsumen yang lebih tertarget karena tayangan iklan dipicu oleh  kata kunci. Sehingga bisa dipastikan orang-orang yang melakukan klik pada iklan adalah orang-orang yang sedang mencari informasi terkait kata kunci atau produk yang kamu jual.

Tiktok Ads

Meski terbilang baru, Tiktok merupakans alah satu platform periklanan yang patut kamu coba untuk mendongkrak kemajuan bisnis kamu di masa pandemi seperti saat ini. Salah satu keunggulan dari platform Tiktok ini adalah iklan yang berbentuk video sehingga mampu menarik perhatian pengguna Tiktok. Selain itu, meski didominasi oleh pemngguna berusia muda, Tiktok juga saat ini mulai digunakan oleh pengguna berusia dewasa sehingga kamu bisa menarget audiens dari berbagai kalangan usia.

Nah, itulah empat platform digital yang bisa kamu coba untuk meningkatkan penjualan bisnismu melalui iklan.  Jika kamu mengalami kesulitan untuk mempelajari system dan cara beriklan dengan benar, kamu bisa secara otodidak belajar di situs atau komunitas-komunitas yang membahasi platform tersebut. Selain itu, saat ini juga telah banyak kursus daring yang menyediakan pembelajaran dan mentoring untuk periklanan online yang bsia kamu coba.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed