by

Jualan Laris di Tiktok? Ini Caranya!

Sumber: Ecwid

Reporter: M Habibur Rohman

Buat kamu yang memiliki usaha online, saat ini tentunya sudah tersedia banyak pilihan platform yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan. Jika sebelumnya kamu hanya memanfatkan facebook dan Instagram, mulai hari ini tampaknya kamu juga harus mencoba platform yang sedang hits dan fenomenal, yakni Tiktok.

Satu atau dua tahun yang lalu mungkin Tiktok belum seramai saat ini, pasalnya aplikasi tersebut identic dengan aplikasi ‘alay’ yang isinya hanya kegiatan joget-joget. Namun, Tiktok hari ini bukan lagi Tiktok seperti yang kita kenal 1 atau dua tahun sebelumnya.  Kini, Tiktok sudah banyak dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas yang bermanfaat dan jauh dari kesan joget-joget, misalnya seperti sharing tips atau bahkan dijadikan platform untuk jualan.  Karenanya, kamu yang memiliki bisnis online tampaknya mulai saat ini harus meluangkan waktu untuk belajar memanfaatkan platform ini agar tidak ketinggalan dengan pesaingmu.

Tapi tenang saja, buat kamu yang masih awam dengan platform ini, berikut ini adalah beberapa tips sederhana yang bisa kamu coba untuk meningkatkan penjualan di Tiktok.

Pertama, gunakanlah tagar atau hastag yang tepat dan relevan dengan video yang kamu unggah. Buat kamu yang sebelumnya bermain di Instagram, tentunya sudah tidak asing lagi dengan penggunaan tagar atau hastag bukan? Mirip-mirip dengan Instagram, Tiktok juga memiliki fitur hastag untuk memudahkan pengguna menemukan video kamu saat melakukan pencarian.

Penggunaan hastag yang tepat bisa membuat konten yang kamu unggah menjangkau lebih banyak orang dan muncul di bagian explore. Karenanya, sebelum mengunggah video, baiknya kamu meriset dahulu hastag yang relevan dan cocok dengan konten yang kamu unggah.

Kedua, buatlah konten video yang seru dan menarik. Tentunya, setiap pengguna masuk ke Tiktok dengan harapan akan menemukan konten yang menarik dan menghibur, bukan? Karenanya, kamu bisa mencoba bereksplorasi untuk membuat konten yang menarik dan memberikan hiburan kepada audiensmu. Salah satu trik yang bisa kamu coba ialah dengan mengikuti challenge  yang sedang viral di Tiktok.

Ketiga, gunakan filter dan lagu yang menarik.  Salah satu kekuatan yang ditonjolkan oleh platform Tiktok adalah fitur lagu dan berbagai macam filter yang bisa kamu gunakan untuk menambah daya tarik konten yang kamu buat. Kamu bisa memilih aneka filter dan music yang cocok dan sesuai dengan konten yang kamu unggah.

Keempat, gunakan fitur share lokasi. Buat kamu yang memiliki toko fisik juga bisa memanfaatkan platform Tiktok lho,  salah satu fitur andalah yang ada di Tiktok adalah fitur share lokasi. Kombinasi konten yang menarik dan fitur berbagi lokasi ini bisa kamu manfaatkan untuk menambah kunjungan toko kamu.

Kelima, gunakan iklan Tiktok. Seperti Instagram dan facebook, Tiktok juga menyediakan fitur iklan yang bisa kamu manfaatkan untuk menjangkau lebih banyak orang dengan cara yang instant dan tidak pakai ribet. Tapi sebelum menggunakan fitur ini, pastikan kamu sudah mengisi saldo iklan di Tiktok terlebih dahulu ya.

Nah, itulah 5 tips sederhana untuk mendongkrak penjualan dengan platform Tiktok. Sebaiknya, segera coba mulai sekarang sebelum competitor lebih dahulu terjun ke platform ini. Selamat mencoba ya!

ARTIKEL REKOMENDASI

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *