by

LOMBA MAKE UP KARAKTER TINGKAT NASIONAL DIUSUNG OLEH DISBUDPAR

Bogoronline.com -Serangkaian lomba tingkat nasional diselenggarakan oleh Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor bekerjasama dengan Paguyuban Mojang dan Jajaka Kabupaten Bogor. Kali ini lomba yang diselenggarakan adalah Lomba Make Up Karakter Tingkat Nasional. Make up merupakan bidang kreatif yang sedang digandrungi kawula muda. Penyelenggaraan Lomba Make up tidak hanya sekedar hobi namun dapat menjadi sarana pemberdayaan ekonomi masyarakat sekaligus promosi pariwisata Kabupaten Bogor, tutur Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor, Muliadi, S. Sos.
Tema-tema pariwisata Kabupaten Bogor hadir dalam bentuk tata rias karakter dari para peserta yang berasal hampir dari seluruh Indonesia. Penampilan daya tarik wisata Kabupaten Bogor dalam bentuk tata rias karakter merupakan pendekatan yang baru dan progresif. Sangat menarik dan menantang. Lomba seperti ini tidak hanya mendukung kreativitas namun promosi dengan pendekatan yang baru, pendapat dari Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor, Ir. Dedi Hernadi, MA.
Menurut Ketua Panitia, Zihan, Lomba yang mengusung tema “Rias Hidupmu dengan Kreativitas” diikuti oleh 163 peserta. Dari ke-163 peserta dipilih top 9. Kesembilan unggulan tersebut terpilih karena mewakili seluruh unsur yang ditetapkan oleh panitia, yaitu kreativitas, mengusung tema pariwisata Kabupaten Bogor, artistik, inovatif dan original.
Para juri yang terdiri dari Pupu GLS dan Yarry Rivani yang merupakan make up artist professional serta Novumaeris seorang fotografer professional tingkat nasional memilih Ahmad Dhaniel Mochtar sebagai juara pertama. Menurut juri, pengusung tema “Taman Buah Mekarsari” dipilih sebagai pemenang karena teknik make up rapi dan konsep yang diambil beda dari yang lain. Selain itu, komposisi make up dan aksesoris atau properti seimbang.
Berikut ini urutan pemenang Lomba Make Up Kreatif Tingkat Nasional :
1. Ahmad Dhaniel Mochtar, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Tema make up “Taman Buah Mekarsari”
2. Veranita Yulia Manuri, Karang Anyar, Jawa Tengah. Tema make up “Sejuta Pesona Kabupaten Bogor”
3. Muhammad Syarif Hidayatullah, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Tema make up “Safari Tour”
4. Rendi Bastiar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Tema make up “Taman Kupu-kupu Sinar Wangi”
5. M. Abil Albany Pasya, Kota Malang, Jawa Timur. Tema make up “Tegar Beriman Knight”
6. Endang Kusturinawati Mukani, Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Tema make up “Pesona Curug Ciherang”
7. Rizky Dwi Aryani, Kota Bandung, Jawa Barat. Tema make up “Taman Safari Bogor”
8. Kholid Mahuri, Banyuwangi, Jawa Timur. Tema make up “Rusa Cariu”
9. Wahyu Agung Suwito, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Tema make up “Kebun Durian Warso”
Pemenang pertama berhak mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp. 10.000.000,- dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor, piala dan piagam penghargaan. Delapan unggulan lainnya berhak mendapatkan hadiah Rp. 1.000.000,- piala dan piagam penghargaan. Video clip dari pemenang dan kedelapan unggulan dapat dilihat di instagram @pesonabogor_kab dan @mokakabbogor.
Kegiatan closing ceremony dan pengumuman pemenang dilaksanakan di Hotel Lor In Sentul Kabupaten Bogor, 20 September 2020 dengan memperhatikan protokol kesehatan. Unggulan lomba dan juri hadir secara virtual. Penonton hadir secara virtual melalui live instagram @pesonabogor_kab dan @mokakabbogor. Kegiatan closing ceremony dan pengumuman pemenang dimeriahkan oleh tampilan kesenian dan band yang menonjolkan kreativitas anak muda di Kabupaten Bogor.
Kegiatan ini diorganisir oleh PT. Calanthe Dinata Aninya. Bersama dengan MaCDA management, PT. Calanthe Dinata Aninya sebelumnya telah berhasil mengorganisir Lomba Cipta Lagu, Lomba Iklan Kreatif Tingkat Nasional, Lomba Masker Kreatif, Lomba Video Kreatif dan Menyanyi dan sedang menyelenggarakan event Campus Harmony IPB.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed