by

Strategi Pebisnis Muda Hadapi Pandemi

Reporter : Adityaputra Dewantara
Editor : Permata Nurul Aini

Karanganyar – Pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia membuat perekonomian dan para pelaku usaha kreatif atau startup harus berjuang agar usahanya tetap berjalan. Banyaknya usaha yang gulung tikar merupakan suatu fenomena yang bisa dijadikan pembelajaran agar mereka tidak mengikuti jejak tersebut. Namun, tak jarang juga dari mereka yang berhasil melawati masa sulit saat pandemi dan mendatangkan dampak baik pada usahanya.

Karena banyak masyarakat yang melakukan kegiatan dari rumah, membuat peluang usaha startup di masa pandemi semakin terbuka, hal itu juga menyebabkan persediaan produk melimpah karena banyaknya orang yang berjualan. Diaz (21), pemudi pengusaha startup mengungkapkan, “Alhamdullilah peningkatan penjualan tinggi, karena produk yang saya jual termasuk produk habis pakai. Jadi, tingkat repeat order-nya juga tinggi, dan saat pandemi ini banyak orang khususnya wanita yang tidak banyak berkegiatan di luar, akhirnya fokus untuk merawat diri.”

Selain itu, Diaz juga menjelaskan omzetnya naik dan dapat mendapatkan produk baru karena peminat skincare juga bertambah sangat drastis saat pandemi—tetapi bukan berarti tidak ada kekurangan menjalankan usaha startup di masa pandemi. Diaz mengutarakan bahwa ia tak bisa melakukan transaksi secara offline ke pelanggan, semua transaksi pembelian dijalankan secara online, salah satunya melalui marketplace.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed