by

Wisata Cadas, Kata Mardiyanto “Potensi jadi Destinasi Wisata”

BOGORONLINE.com, Bogor Selatan – Kelurahan Genteng, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor atau tepatnya di RT02 RW05 memiliki tempat wisata baru yang diberinama Wisata Cadas (Cinta Cisadane). Tempat wisata yang dikelola warga ini memanfaatkan sumber daya alam yang ada, yakni sungai Cisadane.

Aliran sungai Cisadane disulap menjadi wahana Ngalun dengan menggunakan ban. Ide wisata Cadas muncul secara tiba-tiba di tengah kegiatan bebersih di sungai Cisadane.

“Awalnya, waktu kami warga bersama Pak lurah, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan LPM bersih-bersih sungai Cisadane. Nah, Pak lurah punya ide, tempat ini bagus kalau dibuat tempat wisata,” ungkap pengelola wisata Cadas, Muhammad Mulyana, Sabtu (19/9/2020).

Mulyana yang juga ketua RT setempat melanjutkan wisata Cadas dibuka sejak dua bulan lalu dengan dikelola oleh warga memperdayakan para pemuda setempat. Di wisata Cadas, kata Mulyana, menawarkan sensasi Ngalun menyusuri aliran sungai Cisadane.

“Untuk sisi keamanan pengunjung saat Ngalun tim sudah terbentuk, kita kerja sama dengan Tagana Kota Bogor. Dan para pengunjung juga saat Ngalun ada pendampingan dari kita,” ujarnya.

Untuk masuk ke tempat wisata ini tidak dipungut biaya alias gratis. Namun pengunjung yang akan menikmati wahana Ngalun dikenakan sewa ban, pelampung dan helm safety mulai Rp 2 ribu sampai Rp 5 ribu.

Kedepannya, pihaknya juga telah memiliki rencana memperdayakan para pelaku UMKM yang notabene warga sekitar. Para pelaku UMKM ini akan menempati lokasi dengan konsep alami dikelilingi rimbunnya pohon.

Pria yang akrab disapa Jaber itu mengungkapkan, sejak dibukanya wisata Cadas dua bulan lalu banyak dikunjungi warga sekitar.

“Dari hasilnya kita kumpulkan untuk pembenahan wisata Cadas kedepan,” tukasnya.

Anggota DPRD Kota Bogor, Mardiyanto yang menyempatkan diri mengunjungi wisata Cadas menyampaikan, bahwa tempat wisata seperti arung jeram ini memiliki potensi menjadi sebuah destinasi wisatawan baik lokal maupun dari luar Kota Bogor.

“Jadi untuk lebih meningkatan potensi wisata Cadas ini, perlu dukungan dari berbagai pihak warga, kelurahan, kecamatan bahkan sampai Dinas Pariwisata, sehinga potensi yang ada ini bisa semakin berkembang,” ujarnya.

Menurutnya, wisata Cadas cukup bagus, selain berwisata juga sambil menjaga alam. Namun tempat wisata ini dari infrastrukturnya masih belum memadai, makanya perlu ada sinergi dengan berbagai pihak.

“Saya berharap dengan adanya wisata Cadas ini akan menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Kota Bogor,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, politisi PKS ini kepada warga berpesan untuk selalu menjalankan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 ini.

“Protokol kesehatan dengan 3M. Memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer,” tukasnya. (Hrs)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed