by

Diguyur Hujan, Ratusan Rumah Warga Terendam Banjir Lintasan

BOGORONLINE.com, Kota Bogor – Ratusan rumah warga di sejumlah wilayah Kota Bogor terendam banjir lintasan setelah selama setengah hari diguyur hujan deras pada Sabtu (24/10/2020). Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor tercatat ada 208 rumah.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor, Priyatna Syamsah mengatakan, banjir lintasan terparah di Kampung Ceger, Kelurahan Tegal Gundil, Kecamatan Bogor Utara. Di lokasi itu terdapat dua Rukun Tetangga (RT) yang terendam banjir lintasan dengan ketinggian air mencapai 20-30 sentimeter.

“Semalam ada 48 rumah di RT 05/11 dan 50 rumah di RT 01/11. Ini karena meluapnya drainase dan kali Ciheuleut,” ungkap Priyatna, dalam keterangannya pada Minggu (25/10/2020).

Priyatna melanjutkan, banjir lintasan juga merendam 60 rumah warga di Kampung Ciheuleut, Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, bahkan air sempat merendam rumah dengan ketinggian hingga satu meter.

Untuk wilayah tersebut, sambungnya, banjir lintasan dikarenakan meluapnya aliran kali Ciparigi. Kemudian, banjir lintasan juga tmerendam 50 rumah warga yang berada di Perumahan Pondok Aren, Kelurahan Ciluar, Kecamatan Bogor Utara.

“Di lokasi itu mencapai ketinggian 30 sentimeter. Banjir lintasan di perumahan ini karena hujan dengan intensitas deras dan jebolnya tanggul kali yang berada di dekat perumahan,” tambah mantan Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM itu.

Selanjutnya, kata Priyatna, air dari Kali Budi Agung sempat masuk ke area SMA Negeri 2 Kota Bogor di Komplek Perumahan Budi Agung, Kelurahan Sukadamai, Kecamatan Tanah Sareal. Air tersebut masuk disebabkan jebolnya tembok pembatas sekolah sepanjang 30 meter dengan tinggi dua meter setelah meluapnya Kali Budi Agung yang tersumbat longsor.

“Pembersihan material longsoran masih dilakukan pihak sekolah dibantu BPBD Kota Bogor,” jelasnya.

Dijelaskan, saat ini banjir lintasan yang terjadi di beberapa wilayah perlahan surut. Tak hanya banjir lintasan, lanjut Priyatna, di beberapa titik wilayah Kota Bogor juga terjadi bencana seperti tanah longsor, pohon tumbang hingga dinding rumah ambruk.

“Semuanya sedang dalam assesment BPBD. Tidak ada korban jiwa atau luka dalam bencana ini,” katanya. (Hrs)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed