by

Disrupsi Jurnalisme di Era Digital

 

Sejak awal 2015, sejumlah ahli telah mewanti-wanti bahwa perkembangan teknologi digital akan menggeser berbagai aktivitas masyarakat yang awalnya dilakukan di dunia nyata beralih ke dunia Maya. Ramalan tersebut terbukti, dan semakin menguat dalam dua tahun belakangan ini. Tidak hanya aktivitas ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan, tetapi pergeseran aktivitas juga terjadi di bidang jurnalistik.

Disrupsi pada bidang jurnalistik berdampak pada pergeseran kegiatan jurnalis dan juga pelaku usaha media. Teknologi digital, membuat distribusi informasi semakin cepat, cenderung sensasional walaupun terkadang informasi tersebut belum terverifikasi kebenarannya, yang pada akhirnya menimbulkan persoalan-persoalan sosial kemudian.

Karena itu, jurnalistik hari ini dituntut untuk memberi tekanan pada aspek kecepatan dengan tetap mengedepankan substansi kebenaran terhadap berita yang disebarluaskan. Jurnalis punya tanggung jawab yang cukup berat di era ini, menghadirkan informasi yang benar dan menggiring persepsi publik pada hal-hal yang bersifat konstruktif.

Tentu saja era disrupsi membuat para pegiat jurnalistik juga agak kelagapan. Meskipun menyadari hal ini tidak bisa dihindari, namun perubahan yang begitu cepat membuat sebagian tidak mudah mengadaptasi perubahan zaman ini. Apalagi, sejak akhir tahun lalu dunia dilanda pandemi covid-19, sesuatu yang sama sekali tidak terprediksi akan terjadi. Tidak sedikit pelaku usaha media cetak yang menutup usahanya karena ditinggalkan pelanggannya. Banyak jurnalis beralih profesi untuk sekedar mencari penghidupan yang lebih baik.

Akan tetapi, jurnalisme tidak akan pernah mati. Perlahan tetapi pasti, jurnalistik hari ini ternyata sudah mulai hadir mengisi era digital. Mengcounter berbagai informasi ‘hoax’ yang berseliweran di banyak platform media sosial, dan pelan-pelan hadir kembali memandu masyarakat dengan informasi yang akurat dan konstruktif.

CEO Putra Samudera Group

Aldi Supriyadi

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed