by

Mudah Merasakan Insecure? 4 Tips Mengatasi Rasa Insecure yang Sering Muncul

BOGORONLINE.com, – Kamu pasti pernah merasa insecure dan meragukan kemampuan diri sendiri? Rasa insecure dapat terjadi kapan saja, baik ketika kamu merasa nyaman dalam pekerjaan tidak sebaik yang lainnya, ketika kamu merasa tidak cukup rupawan atau ketika kamu merasa tidak cukup dicintai oleh orang-orang.

Perasaan tidak aman ini juga bisa membuat seseorang mengalami gangguan kesehatan mental, seperti, depresi, gangguan makan dan demam kronis. Dalam hubungan dengan pasangan, rasa insecure yang berlarut-larut akan membuat hubungan menjadi lebih hambar dan penuh rasa cemburu yang berlebihan.

Jika kamu memiliki rasa insecure yang berlebihan,  yuk, terapkan cara berikut ini agar terhindar dari dampak buruk kebiasaan ini:

1 . Berhenti menyalahkan diri sendiri

Melawan pikiran negatif memang tidak mudah. Namun, jika tidak dipaksakan kamu akan terus merasakan cemas, bahkan sampai menyalahkan diri sendiri. Jadi, jika kamu masih berpikir seperti, “Aku selalu membuat kekecauan di mana pun,” ubah pikiran tersebut menjadi lebih realistis seperti, “Terdakang aku membuat kesalahan, tetapi aku selalu belajar dari kesalahan itu.”

2.  Berusaha untuk tetap berpikir positif

Ada orang yang menghadapi masalah selalu menyalahkan diri terus menerus-terus menerus menjadi stres. Namun, ada pula yang terlihat santai karena terjadi sisi positif dari masalah yang terjadi. Nah, cobalah untuk terus berpikir positif tentang apa pun yang dalam hidupmu, ya. Dengan begitu, kamu bisa menyelamatkan diri dari perasaan-perasaan negatif, seperti rasa khawatir dan rasa takut yang bisa menguras energi.

3. Kelilingi dirimu dengan orang-orang yang suportif

Semua orang pasti membutuhkan teman yang bisa mendukung dirinya di saat mereka sedang tidak percaya diri. Saat kamu mulai merasa insecure, komunikasikan teman-teman terdekatmu dan minta mereka untuk mengingatkanmu akan hal positif yang kamu miliki.

4. Lakukan hal yang membuatmu bahagia

Bermain keluar, ajakan jalan-jalan hewan peliharaan kamu, mencoba sesuatu yang belum pernah kamu lakukan atau liburan ke tempat impian, masih banyak hal menyenangkan lainnya yang sayang untuk dilewatkan. Coba untuk lebih fokus pada sesuatu yang dapat membuat kamu bahagia dan melupakan rasa insecure. Selain menjadi rekreasi untuk diri sendiri, siapa tahu kamu juga akan menemukan potensi lain saat mengeksplor hal-hal baru.

Jika kamu memiliki perasaan insecure, cobalah terapkan tips-tips di atas. Namun, bila rasa  insecure tersebut tidak kunjung hilang, sebaiknya konsultasikan ke psikolog agar kamu bisa mendapatkan saran serta bimbingan yang tepat untuk menghadapi perasaan seperti ini.

 

Editor: Dea Rizky Ramadhan

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed