by

DMI Kota Bogor Fasilitasi Peningkatan Kapasitas Finansial Masjid

BOGORONLINE.com, Bogor Timur – Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Bogor mengadakan sosialisasi kepada pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) di gedung Pusat Pengembangan Islam Bogor (PPIB), Baranangsiang, Bogor Timur, pada Rabu (11/11/2020).

Dalam kegiatan itu, DMI bekerjasama mensosialisasikan kredit mesra (masyarakat ekonomi sejahtera) berbasis masjid dari Bank Jabar Banten dan launching zakat, infaq, shodaqoh di Masjid Semudah Tersenyum melalui Qris Bank Syariah Mandiri.

Wakil Ketua 1 DMI Kota Bogor, Ahmad Fathoni mengatakan, kegiatan ini tujuan utamanya untuk meningkatkan kapasitas dari sisi finansial masjid. Karena secara tidak langsung kondisi pandemi Covid-19 ini mempengaruhi pendapatan masjid berasal dari jamaah yang datang ke masjid.

“Kenapa dari sisi finansial? Karena pada masa Covid-19 ini berdampak ketika masjid itu murni pendapatannya dari infaq jamaah, kemudian keterbatasan jamaah yang datang ke masjid, sehingga secara tidak langsung itu akan mengurangi pendapatan masjid,” terangnya.

Dengan kondisi tersebut, imbuh Ahmad, tentu akan menjadi sebuah masalah manakala masjid harus membiayai operasional kegiatannya baik sisi kemakmuran maupun kesekretariatan masjid, seperti upah pegawai juga perawatan sarana dan prasarana.

Untuk itu, pihaknya memfasilitasi antara pihak Bank Jabar dan Bank Syariah Mandiri yang ingin mengadakan kredit buat DKM dengan pembiayaan berbasis masjid.

“Untuk teknis ketentuan dan persyaratan yang berlaku selanjutnya itu ditentukan oleh bank dan DKM.”

Ahmad mengatakan, di Kota Bogor sendiri tercatat ada 870 masjid. Namun, pihaknya membatasi jumlah peserta pada tahap pertama ini dikarenakan masih merebaknya pendemi Covid-19. Di lokasi juga pihaknya menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Untuk tahap pertama ini dikarenakan keterbatasan yang ada dan hasil komunikasi dengan pihak bank, kami membatasi 100 pengurus DKM yang mengikuti sosialisasi ini. Selanjutnya untuk tahap dua juga akan disesuaikan dengan pihak bank,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, DMI memberikan bantuan alat pelindung diri (APD) berupa masker dan cairan desinfektan kepada pengurus DKM untuk dimanfaatkan di masjid masing-masing. (Hrs)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed