by

Jajanan Tradisional Betawi, Kue Dongkal Yang Manis Dan Lembut

BOGORONLINE.com, Bogor – Ibu kota Indonesia yaitu Kota Jakarta di kenal sebagai kota tersibuk karena mempunyai segudang aktivitas. Tidak hanya di kenal sebagai kota tersibuk, Jakarta juga memiliki segudang makanan-makanan yang di jamin enak. Salah satunya kue dongkal. Kue dongkal merupakan jajanan tradisional khas betawi asli. Jajanan tradisional satu ini sudah mulai susah di temui karena tergerus perkembanan zaman, padahal kue dongkal memiliki bentuk kerucut yang unik loh.

Dalam budaya Betawi bahasa keseharian begitu dominan dalam bahasa formal. Istilah-istilah penamaan apapun berasal dari bahasa umum yang di pakai sehari-hari. Hal ini tercermin dari karakter orang Betawi yang spontan saat berbicara. Begitu pun penyebutan kue dongkal (dongkel atau congkel) yang artinya tak lebih mengeluarkan dengan cara mendongkal setelah kue ini masak dalam kukusan atau cetakan.

Kue Dongkal terbuat dari tepung yang berasal dari beras yang di tumpuk hingga halus. Tepung ini kemudian di isi dengan gula aren. Kue ini kemudian di bentuk seperti tumpeng dan di kukus. Kue ini biasanya di sajikan di atas daun pisang dan di taburi parutan kelapa di atasnya. Jajanan pasar ini paling nikmat di santap di kala masih hangat. Kue dongkal juga sangat cocok di santap dengan di temani secangkir kopi atau teh. Kue ini boleh di bilang mirip dengan kue putu yang dalam budaya Betawi disebutĀ  kue sodok karena hampir seluruh bahan yang di pakai sama.

Reporter : Sausan de Ananda

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed