by

Kampung di Sindang Sari Akan Dibedah Jadi Taman Cai

BOGORONLINE.com, Bogor Timur – Kecamatan Bogor Timur berencana akan menambah program bedah kampung. Diketahui, Kecamatan Bogor Timur telah memiliki Kampung Cikeas yang dibangun untuk dijadikan destinasi wisata baru di Kota Bogor.

Camat Bogor Timur, Wawan Sanwani mengatakan, salah satu kampung yang nanti akan diajukan untuk dibedah berada di wilayah Sindang Sari atau tepatnya RW06. Bedah kampung ini merupakan program tindaklanjut dari hasil rapat luar ruang di Kampung Cikeas, Katulampa.

“Pak Wali saat briefing staff kemarin sangat tertarik dengan kegiatan di Kampung Cikeas yang awalnya merupakan titik lokasi lomba P2WKSS. Ini juga hasil rangkaian kegiatan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dipusatkan di satu titik,” ungkap Wawan kepada awak media, belum lama ini.

Wawan mengungkapkan, kegiatan di Kampung Cikeas di luar ekspektasi. Hal ini dikarenakan faktor kebersamaan warga dalam swadaya cukup luar biasa, ditambah adanya intervensi steakholder seperti dari PT SEG, Yamaha yang dinilai sangat membantu juga.

Berangkat dari situ, lanjut Wawan, wali kota pun mengajak di setiap kecamatan di lingkungan RW ataupun RT ada kampung yang dibedah untuk dijadikan seperti Kampung Cikeas.

“Alhamdulillah, Katulampa menjadi titik banding untuk dijadikan landasan contohnya bagi kelurahan-kelurahan lain. Dan di Bogor Timur dengan enam kelurahan memang jadi tantangan bagi kami, karena secara umum pemukiman padat tidak ada lagi lahan yang cukup luas. Tapi yang bisa dimanfaatkan contohnya di Sindang Sari,” ujarnya.

Di Sindang Sari, kata Camat, memiliki potensi sumber daya alam berupa air yang melimpah sehingga bisa dijadikan seperti Kampung Lauk di Bubulak. Selain itu, jika dilihat aliran air sungai di RW06 mirip salah satu sungai di Negara Belanda.

“Iya, jika dilihat seperti di Amsterdam, airnya bersih dan normal. Artinya ketika hujan deras pun airnya tetap stabil tidak meluap, jadi memungkinkan bisa dibangun di sana kampung Lauk versi Sindang Sari atau Taman Cai,” ungkapnya.

Saat ini, pihak Kelurahan Sindang Sari tengah melakukan pembenahan saluran air di area Taman Cai. Dan kata Wawan, untuk mewujudkannya penting juga ada dukungan penuh dari warga setempat.

“Pak lurah kemarin menyampaikan, bahwa nantinya di sana akan ada wahana ikan. Karena sumber airnya bagus sekali dan mudah-mudahan bisa terwujud serta perlu intervensi OPD lain yang seperti di Cikeas,” tuturnya. (Hrs)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed