by

Pasar Tanaman Hias di Bogor Resmi Dibuka, Jenisnya Ada Ribuan

BOGORONLINE.com, Bogor Selatan – Ada yang berbeda di Jungle Fest, Bogor Nirwana Residen (BNR). Berbagai jenis tanaman hias yang indah dan menarik hingga ngetrend saat ini menjadi daya tarik di Pasar Tanaman Hias Minaqu Home Nature Jungle Fest.

Tanaman-tanaman hias yang ditawarkan tersebut didatangkan petani dan pedagang yang berasal dari wilayah Bogor. Tak hanya menawarkan tanaman hias, mereka juga memberikan edukasi seputar pemeliharaan tanaman hias agar tumbuh optimal dan berkualitas.

“Ide pasar ini dari Pak Ade Wardhana (CEO Minaqu Home Nature), yang sudah tertarik berbisnis ekspor tanaman hias sejak November 2019. Beliau melihat petani tanaman hias punya potensi tinggi ekonominya meningkat dimana tanaman hias lagi meningkat tinggi dan diminati pasar global. Akhirnya Pak Ade Wardhana menggaet 70 petani untuk pemberdayaan ekonomi supaya ekonomi mereka meningkat,” kata Direktur Minaqu Home Nature, Yasmin Sanak, Sabtu (28/11/2020).

Di pasar tanaman ini, pihaknya bekerjasama dengan PT. GAP Jungle Fest untuk penyediaan stand booth gratis bagi ke 70 petani tersebut. Pasar ini juga mendapat dukungan Balai Besar Karantina Pertanian yang memfasilitasi sertifikasi ekspor.

“Di sini tersedia ribuan jenis tanaman hias, seperti jenis-jenis anthurium, philodenron, juga ada janda bolong dengan versi (harga) mulai ratusan ribu, puluhan bahkan sampai ratusan juta ada. Kita buka setiap hari dari jam 8 sampai 5 sore,” imbuh Yasmin.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim usai membuka secara resmi Pasar Tanaman Hias Minaqu Home Nature Jungle Fest mengatakan, pasar tanaman hias yang bisa dibilang terbesar se-Indonesia ini memiliki potensi untuk membangkitkan ekonomi masyarakat khususnya pertanian tanaman hias.

“Kegiatan ini didukung oleh sektor wisata yang dinisiasi oleh Pak Ade Wardhana, kita sangat memberikan penghargaan, sehingga ada kesempatan bagi para petani dan pedagang tanaman hias untuk mempunyai channel penjualan yang lebih terfokus,” katanya.

Selain mengembangkan potensi pertanian, kata Dedie, adanya pasar tanaman hias yang didukung juga oleh Dirjen Htikultura Kementerian Pertanian untuk mendukung agro eduwisata di Kota Bogor.

“Kita mendorong terus upaya petani tanaman hias untuk ekspor yang didukung Balai Besar Karantina Pertanian Tanjung Priok dan Soekarno Hatta yang selain memberikan edukasi sekaligus memfasilitasi untuk bisa ekspor tanaman hias ke luar negeri. Jadikan ini kesempatan petani,” ungkapnya.

Suasana Pengunjung di Pasar Tanaman Hias Minaqu Home Nature Jungle Fest

Terpisah, Kepala Balai Besar Karantina Pertanian Soekarno Hatta Imam Djajadi mengatakan dukungan terhadap Pasar Tanaman Hias ini sebagai tindak lanjut dari bimbingan teknis (Bimtek) atau tata cara ekspor kepada petani tanaman hias yang dilakukan di Outlet Minaque Home Nature di kawasan Bogor Nirwana Residence Kota Bogor beberapa waktu lalu.

“Iya jadi ini wujud komitmen Balai Besar Karantina Pertanian Soekarno Hatta, intinya Karantina Soetta aktif dalam membantu kegiatan ekspor tanaman hias dalam hal pemenuhan persyaratan negara tujuan,” katanya. (Hrs)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *