by

Diluncurkan April 2021, Kampung Perca Siap Jadi Destinasi Wisata Baru

BOGORONLINE.com, Kota Bogor – Rapat perdana pengembangan Kampung Perca yang berlokasi di Kelurahan Sindangsari, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor digelar di Paseban Sri Bima, Balai Kota Bogor, Jumat (11/12/2020).

Pengembangan Kampung Perca yang diketuai Yane Ardian selaku Ketua Dekranasda Kota Bogor ini membahas berbagai persiapan launching Kampung Perca pada April 2021 mendatang.

“Ini rapat perdana dengan jajaran OPD, jadi persiapan kami masih sangat panjang,” ujar Yane.

Yane mengatakan, persiapan yang dilakukan bukan sekedar membangun infrastruktur, tetapi juga SDM-nya. Diakuinya, SDM di pelatihan kain perca HAS Sabilulungan ini sudah cukup baik, namun jika mau melaunching Kampung Perca yang akan menjadi destinasi wisata baru di Kota Bogor harus menambah kuantitas dan kualitas SDM-nya.

“Sekarang jumlahnya baru 15 orang, bukan jumlah yang banyak untuk membuat Kampung Perca. Kita perlu lebih banyak SDM, lebih banyak pelatihan dan intervensi dari berbagai pihak. Ini yang kita siapkan sama-sama,” jelas Yane.

Yane menerangkan, terwujudnya Kampung Perca yang ditargetkan bisa di launching April mendatang tidak terlepas dari kolaborasi semua pihak. Mengingat keberadaan Kampung Perca sendiri berawal dari mimpi dan semangat warga Sindangsari yang terdampak Covid-19.

“Pandemi Covid-19 berakibat pada meningkatnya jumlah pengangguran di Sindangsari dari sebelumnya 182 orang menjadi 278 orang dan meningkatnya KK miskin dari 581 KK menjadi 1.190,” sebutnya.

Beruntung, lanjut Yane, di RW 01 Kelurahan Sindangsari memiliki potensi SDM, pinjaman mesin jahit dari PT HAS, limbah kain perca dan benang serta pelatih yang dipimpin langsung Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Sindangsari.

“Dari hasil pelatihan menjahit selama dua bulan, 15 ibu-ibu mampu menghasilkan masker, sarung bantal, lap, taplak, kunciran dan bisa mendapatkan penghasilan walau hasilnya belum besar,” katanya.

Ketua TP PKK Kota Bogor ini menambahkan, konsep desain Kampung Perca yang nanti akan di launching yakni semua rumah di sepanjang Kampung Perca akan di cat seragam, bisa berwarna putih atau abu muda agar terlihat bersih dan modern.

Dekorasi akan difokuskan di bagian tengah jalan Kampung Perca, mulai dari pemasangan gapura, lampion dari kain perca, pop up store untuk warga berjualan dan rumah galeri perca.

“Ini sesuai dengan tujuan pembangunan Kampung Perca, yakni menggerakkan ekonomi masyarakat berdasarkan potensi lokal, mewujudkan kelurahan Sindangsari sebagai pusat produk perca dan destinasi wisata belanja produk perca serta menjadi salah satu daya ungkit recovery ekonomi Kota Bogor,” pungkasnya. (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *