by

Tak Lapor Kasus Covid-19, Bima Arya Sidak Bank Panin

BOGORONLINE.com, Bogor Timur – Wali Kota Bogor yang juga Ketua Satgas Covid-19 Kota Bogor, Bima Arya mendatangi kantor Bank Panin di Jalan Ciheuleut, Baranangsiang, Bogor Timur, Kota Bogor.

Inspeksi mendadak ini terkait adanya laporan kasus positif Covid-19, sementara pelayanan berjalan di kantor perbankan tersebut.

“Saya mendapat laporan tadi dari warga katanya sudah ada lima orang positif (Covid-19) di sini. Saya kaget karena kabarnya baru masuk,” kata Bima Arya usai sidak di lokasi, Kamis (3/12/2020).

Menurutnya, tim sebelumnya pada 30 November ternyata sudah mendatangi kantor tersebut dan meminta untuk dilakukan langkah penelusuran termasuk penutupan sementara. Namun hal itu tidak dilakukan hingga dirinya mendatangi kantor tersebut.

“Jadi, saya cek ke sini, saya tegur keras,” ujarnya.

Lanjut Bima Arya, dari kelima orang yang terpapar virus corona, dua orang di antaranya sudah dinyatakan sembuh. Sedangkan tiga orang lagi saat ini masih menjalani isolasi.

“Lima orang ini karyawan di back office,” katanya.

Bima Arya mengungkapkan, dari hasil pertemuan dengan pihak bank alasan tidak menutup sementara karena pelayanan bisa terganggu.

“Karena tidak mungkin pelayanan terganggu, katanya. Tapi ini kan bicara nyawa manusia. Semua aja ditutup. Rumah sakit sempat beberapa ditutup, balaikota juga,” ujarnya.

Untuk ini, ia mengambil langkah awal melakukan penyemprotan disinfektan di area kantor tersebut. Setelah itu, penelusuran terhadap orang-orang yang memiliki riwayat kontak erat dengan kelima orang tersebut untuk kemudian di tes swab.

“Yang kontak erat akan dilacak sekarang untuk segera mungkin diswab,” katanya.

Bima Arya juga mengungkapkan, sore ini, pihaknya akan mendatangi tempat perkantoran lain dengan kasus serupa.

“Satu lagi ada, baru juga saya barusan dapat laporan satu tempat di Soleh Iskandar. Mulai banyak juga, kami akan bergeser ke sana,” terangnya.

Menurut dia, perkantoran ini rawan, sehingga keberadaan Satgas Covid-19 di perkantoran harus menyadari itu untuk melaporkan dan berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 Kota Bogor.

Kata Bima Arya, untuk protokol kesehatan di Bank Panin sendiri sudah berjalan dengan baik. Namun SOP harus dijalankan ketika mendapati adanya kasus Covid-19.

“Kalau sekedar cek suhu tubuh dan cuci tangan sudah bagus di sini. Tetapi SOP ketika ada yang positif, ini tidak jalan, cuma diminta isolasi, sembuh, selesai. Seharusnya langsung kontak eratnya jalan semua,” tandasnya. (Hrs)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed