by

Panduan Lengkap Cara Merawat Ayam Supaya Sehat

Seperti yang dilansir dari Healthline, daging ayam tidak hanya memiliki kandungan protein yang baik untuk tubuh. Melainkan juga berbagai gizi baik untuk dikonsumsi. Baik bagian daging maupun telur keduanya sangat bermanfaat untuk manusia. Karena hal inilah mendorong banyak masyarakat untuk memilih ayam sebagai hewan ternak. Merawat ayam ternyata sangat menguntungkan sehingga sangat direkomendasikan.

Supaya hasilnya bisa optimal maka Anda harus tahu bagaimana cara untuk merawat ayam dengan benar. Merawat ayam dengan benar memungkinkan ayam tumbuh sehat sehingga semakin menguntungkan. Jika Anda belum tahu bagaimana caranya, simak pembahasannya dibawah ini.

  1. Siapkan Kandang yang Nyaman dan Aman

Hal pertama yang harus diperhatikan agar ayam Anda sehat adalah kondisi kandang. Buat kandang dengan ukuran yang sesuai dengan jumlah ayam, jangan terlalu kecil dan sempit. Ukuran kandang yang sesuai dapat membuat ayam merasa nyaman terhindar dari stress.

Kandang ayam juga harus aman. Letakkan kandang jauh dari suara bising dan gangguan hewan lainnya. Hal ini perlu Anda perhatikan terutama ketika ayam masih berumur satu minggu.

2, Rutin Bersihkan Kandang

Selain ukuran dan keamanan, agar ayam yang Anda pelihara nyaman dan sehat adalah kebersihan kandang. Bersihkan kandang secara rutin agar ayam terhindar dari berbagai sumber penyakit. Jangan biarkan kotoran ayam menumpuk di kandang.

Kotoran ayam dapat menimbulkan ammonia, yakni senyawa kimia berupa gas dengan bau menyengat. Ammonia ini sendiri mengandung senyawa kaustik yang berbahaya bagi kesehatan ayam Anda.

  1. Semprot Cairan Pembersih

Selain membersihkan kotoran, kandang ayam juga perlu di semprot dengan cairan desinfektan atau pembersih. Gunakan cairan khusus untuk membersihkan kandang. Cairan pembersih ini biasanya tersedia di toko-toko pertanian atau peternakan. Cairan khusus ini biasa digunakan oleh peternak ayam untuk membersihkan kutu gurem atau kutu ayam. Apabila tidak dibersihkan dengan cairan khusus, kutu ini dapat menimbulkan penyakit berupa gatal-gatal, terutama bagi pemilik ayam.

Pada saat menyemprotkan cairan pembersih ini, ayam sebaiknya dikeluarkan terlebih dahulu. Kontak cairan pembersih dengan ayam secara langsung dapat berbahaya. Bisa menyebabkan ayam keracunan.

  1. Beri Pakan Berkualitas

Agar ayam Anda sehat tentu harus diberi pakan yang berkualitas. Pakan akan berpengaruh pada kesehatan dan bobot atau berat badan ayam. Pakan yang diberikan juga harus sesuai dengan usia dari ayam itu sendiri.

Contoh, ayam kecil atau DOC diberi pakan pur starter, setelah berumur 1 bulan beri pur grower, umur 2-3 bulan dapat diberi campuran pur grower dengan jagung giling. Sedangkan indukan atau ayam dewasa dapat diberi campuran dedak katul, jagung dan pur untuk usia dewasa.

  1. Beri Cukup Minum

Anda juga harus memberi ayam cukup minum. Berikan air bersih dan selalu kontrol secara rutin. Beri air sebelum air pada tempat minum habis. Kehabisan air minum berarti berpeluang dehidrasi pada ayam. Dehidrasi berat dapat mengakibatkan ayam mati. Jangan lupa untuk membersihkan tempat air minum apabila sudah kotor.

  1. Beri Vitamin dan Vaksin

Pemberian vitamin pada ayam juga sangat penting. Vitamin dapat membuat ayam sehat terutama ketika musim hujan. Berikan vitamin yang berkualitas. Vitamin dapat dicampur dengan air minum dengan takaran yang sesuai. Takaran/dosis vitamin dapat dilihat di petunjuk yang ada dibungkusnya.

Sementara itu, pemberian vaksin atau vaksinasi ayam sangat dianjurkan. Terutama bagi peternak skala besar. Tujuan vaksinasi agar ayam terhindar dari penyakit menular. Hal ini sangat beresiko yang menyebabkan kematian dalam jumlah besar.

Nah itulah panduan lengkap cara merawat ayam supaya sehat. Jika Anda ingin mendapatkan informasi yang lebih lengkap sebaiknya langsung berkonsultasi dengan dokter hewan. Anda bisa berkonsultasi dengan mendownload aplikasi Halodoc jika memiliki pertanyaan seputar perawatan atau penyakit pada hewan.

Selain itu, Anda juga bisa mencari informasi letak lokasi dokter hewan terdekat dengan rumah Anda. Informasi seputar dunia kesehatan yang terpercaya dan paling update juga bisa Anda temui di Halodoc ini. Jadi, yuk segera download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *