by

Stabilkan Harga, PPJ Gelar Operasi Pasar

BOGORONLINE.com, Bogor Timur – Perusahaan Daerah (Perumda) Pasar Pakuan Jaya (PPJ) Kota Bogor bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) serta Toko Tani Indonesia menggelar operasi pasar. Kegiatan keempat ini digelar di Pasar Sukasari, pada Jumat (22/1/2021).

Direktur Utama Perumda PPJ, Muzakkir mengatakan, bahwa operasi pasar ini sangat penting baik bagi PPJ maupun masyarakat selaku konsumen. Untuk itu, pihaknya akan rutin menggelarnya di saat beberapa bahan pokok mengalami kenaikan harga yang signifikan.

“Peran kami di situ untuk membantu memberikan harga terbaik dan terjangkau bagi masyarakat. Insyaallah kedepan kami akan rutin keliling di pasar-pasar besar PPJ. Untuk hari ini di sini,” kata Muzzakir disela kegiatan.

Diungkapkan, komoditas yang memang lagi menjadi pembahasan terutama naiknya harga cabai rawit yang lumayan tinggi dikisaran Rp90 sampai 95 ribu per kilogram. Sedangkan untuk jenis cabai lain ada kenaikan namun tidak terlalu signifikan di angka Rp40 sampai 45 ribu per kilogram.

Komoditas lain, lanjut Muzakkir, yang memang menjadi sorotan baru-baru ini adalah daging sapi. Bahkan pedagang daging sapi mogok beejualan di beberapa daerah.

Untuk di Kota Bogor sendiri, dijelaskannya, ada terjadi penurunan pemotongan sapi di Rumah Potong Hewan (RPH). Biasanya per hari itu mencapai 30 ekor.

“Hasil monitor kami di RPH ada terjadi penurunan pemotongan sapi. Sudah tiga hari ini rata-rata penurunan 7 sampai 8 ekor. Tapi dari data yang ada, daging sapi masih mencukupi kebutuhan sehari-hari di Kota Bogor,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, untuk harga daging sapi di pasar ada kenaikan antara Rp2 sampai 5 ribu per kilogram. Pihaknya berharap kelangkaan daging segera selesai, dan pedagang daging sapi tetap berjualan di pasar.

“Kami juga berharap operasi pasar ini dapat menyesuaikan harga sehingga stabil,” ucap Muzzakir.

Untuk komoditas yang dijual dalam operasi pasar tersebut, di antaranya beras seharga Rp44.000 per karung, bawang merah Rp23.000 per kilogram, bawang putih Rp17.500 per kilogram dan minyak goreng Rp11.500 per pack.

Lalu ada juga gula pasir seharga Rp12.00p per kilogram, telur ayam Rp22.000 per kilogram, cabe merah keriting Rp20.000 per setengah kilogram dan cabe rawit merah Rp30.000 per setengah kilogram. (Hrs)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *