Tahap III, Pemkab Bogor Salurkan 6 ribu Ton Beras Bantuan Bupati Bogor

Bogor Raya741 views

Dirut Perumda Pasar Tohaga : Kalau Kualitas Tidak Sesuai Akan Kami Ganti

CIBINONG – Pemerintah Kabupaten Bogor telah merampungkan penyaluran beras bantuan Bupati Bogor tahap ke III. Tidak kurang 6 ribu ton didistribusikan di akhir Desember 2020 lalu kepada 200 ribu KPM (keluarga penerima manfaat) di 40 kecamatan di Kabupaten Bogor.
Bantuan beras bagi keluarga terdampak Covid19 berupa beras berisi 30 kg yang terbagi dalam 2 kemasan karung masing masing berat 15 kg .

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bogor, Nuradi menjelaskan di tahap ketiga ini pendistribusian atau penyaluran beras bansos dari Bupati, pihaknya melibatkan Perum Bulog untuk 29 kecamatan dan Perumda Tohaga untuk 11 kecamatan.
Dijelaskan Nuradi semua sudah melewati SOP yang berlaku, mulai dari QC (quality control) yang disaksikan oleh kedua belah pihak untuk memastikan kuantitas dan kualitas beras sesuai dengan standar yang dipersyaratkan.

“Pelaksana penyaluran beras dari gudang beras yang ditunjuk oleh pihak Perum Bulog dan Perumda Tohaga disalurkan oleh pihak TNI, Polri dan Pemda ke desa/kelurahan dan jika ada pengaduan/keluhan resmi terkait dengan kualitas beras silakan melaporkan kepada desa/kelurahan masing-masing,” katanya.

Kadisperdagin menegaskan bahwa kualitas beras selalu menjadi prioritas, bahkan pihaknya mengaku sudah menginstruksikan aparat wilayah, termasuk camat beserta jajaran untuk tidak menerima beras berkualitas jelek.
“Jika terjadi silakan lapor call center melaui RT/RW/kelurahan untuk ditindaklanjuti sesuai prosedur, hot line call center tanggap Bansos berlaku 3 x 24 jam setelah pengiriman beras ,”tegasnya.

Sementara itu Direktur Utama PD Pasar Tohaga, Haris Setiawan selaku salah satu instansi pengadaan barang mengaku siap jika terdapat keluhan akan beras yang di supplynya. Dalam program bantuan Bupati tahap III bagi keluarga terdampak Covid-19, Perumda Pasar Tohaga bertanggung jawab atas 2.286.300 kg beras.

Haris menjelaskan jika fakta di lapangan ditemukan beras yang tidak sesuai kualiatas atau kuantitas, silakan laporkan untuk dilakukan penggantian.
“Kami akan ganti sebagai bentuk layanan,” ungkap Haris.

Ela,(28), salah satu penerima beras bantuan di RT 11 Desa Cariu mengaku beras bantuan Bupati yang diterimanya baik. Sebanyak dua karung beras masing masing 15 kg diterimanya beberapa minggu lalu melalui RT dan RW setempat
“Terimakasih pemerintah Kabupaten Bogor berasnya bagus, sudah kami masak , dan tidak pera,” tuturnya. (*)

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *