by

MUI Kabupaten Bogor Kembali Buka Pendaftaran PKU Angkatan Ke-15, Cek Persyaratannya

Bogoronline.com – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor, kembali membuka pendaftaran Pendidikan Kader Ulama (PKU) angkatan ke-15 sebagai upaya menyiapkan ulama dan pemimpin di masa depan.

“Proses seorang pemimpin itu harus diciptakan, dan harus melalui proses kaderisasi dan regenerasi. Sehingga proses kaderisasi ini bagian terpenting dalam rangka menyiapkan kader-kader ulama dan kader pemimpin di masa depan,” ungkap Ketua Alumni PKU Kabupaten Bogor, Saepudin Muhtar, Senin (5/4).

Ketua Bidang Pendidikan MUI Kabupaten Bogor yang akrab disapa Gus Udin itu menyebutkan, bahwa pendaftaran dibuka sejak 1 April hingga 31 Mei 2021 di kantor MUI, Cibinong, Bogor.

Beberapa persyaratannya, lanjut Gus Udin, yaitu wajib ber-KTP Kabupaten Bogor, memiliki kepedulian terhadap isu keummatan, lulusan S1 atau pondok pesantren, mampu membaca kitab kuning, menulis essay, serta berusia minimal 21 tahun dan maksimal 40 tahun.

“Melampirkan dokumen Ulutusan MUI kecamatan, Ormas Islam, Ponpes, SKPD, atau lembaga lainnya di tingkat kabupaten, dibuktikan dengan surat rekomendasi,” paparnya.

Menurutnya, seleksi masuk akan dilakukan pada Minggu, 6 Juni 2021 di Kantor MUI Kabupaten Bogor. Kemudian, jadwal perkuliahannya dilakukan setiap Sabtu dan Minggu selama empat bulan.

Gus Udin menerangkan bahwa akan ada dua tes yang dilakukan kepada peserta, yaitu tes lisan mengenai bahasa Arab, Kitab Kuning, Al Quran, dan motivasi. Kemudian tes tulisan mengenai pandangan keislaman (Egi)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *