by

Pansus Setujui Ruislag Lahan dan Bangunan Eks Aula Kelurahan Nanggewer

Cibinong – Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kabupaten Bogor menyetujui ruislag tanah dan bangunan eks Aula Kantor Kelurahan Nanggewer yang diajukan PT Dua Berkat Properti. Ketua Pansus, Sulaeman mengatakan tukar menukar aset berupa lahan 507 meter peraegu dan bangunan 133 meter persegi milik pemerintah Kabupaten Bogor tersebut menguntungkan baik secara materil maupun aspek sosial ekonomi bagi masyarakat sekitar.

“Tim Pansus telah mendengar keterangan dari BPKAD dan juga dari pihak perusahaan dan juga beberapa kali meninjau lokasi untuk mendapat gambaran dan penilaian secara utuh. Kesimpulannya, ruislagh ini menguntungkan bagi pemerintah dan juga masyarakat sekitar,” kata Sulaeman, Rabu (30/6).

Politisi PKS tersebut menambahkan, secara material, lahan pengganti seluas 510 M2 yang diajukan pihak perusahaan lokasinya cukup strategis, berada di dalam area rencana pembangunan perumahan dan berbatasan dengan permukiman warga. Pihak perusahaan juga akan mendirikan bangunan Aula lengkap dengan sarana olahraga badminton yang nantinya bisa digunakan bersama antara warga perumahan dan permukiman.
“Nilai bangunannya ditaksir sebesar Rp1 miliar, jika dibanding eks bangunan Aula yang ada tentu pemerintah diuntungkan,” katanya.

Selain itu, pihak perusahaan juga akan membangun pagar pemisah akses jalan dengan area kelurahan. Keberadaan pagar ini juga akan menambah estetika dan fungsi keamanan kantor Kelurahan. “Tanah yang diruislag eksistingnya sebagian berupa jalan yang selama ini digunakan menuju permukiman warga. Mereka menjamin akan membangun jalan tersebut untuk akses bersama antara warga perumahan dan permukiman,” katanya.

Setelah dibangun, lanjutnya, lahan tersebut juga akan diserahkan ke Pemda sebagai bagian dari penyerahan kewajiban PSU perumahan.

Sementara keuntungan sosial ekonomi lainnya, pihak pengembang akan menyerap tenaga kerja dari warga sekitar untuk beberapa proyek yang akan mereka kerjakan.

“Catatan Pansus untuk pemerintah agar poin-poin yang disepakati dicantumkan secara tertulis,” tandasnya. (*)

ARTIKEL REKOMENDASI

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *