Ganjil Genap Kota Bogor, Ribuan Kendaraan Diputar Balik Arah

BOGORONLINE.com, Kota Bogor – Kota Bogor mulai memberlakukan sistem ganjil genap (Gage) pelat nomor kendaraan pada masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 2 pada Sabtu (15/1/2022).

Berdasarkan rekap hasil kegiatan gage yang dilaksanakan dari pukul 09.00 sampai 11.00 WIB, Polresta Bogor Kota mencatat 3.525 kendaraan diputar balik arah di enam titik check point atau pos pemeriksaan. Rinciannya, 2.032 kendaraan roda 2 dan 1.493 kendaraan roda 4.

“Kami memulai (ganjil genap) pukul 9 dan baru satu jam telah diputar balik sebanyak 1241 kendaraan roda 2 dan 721 kendaraan roda 4, ini akan kami laksanakan secara terus menurus dan situasional berdasarkan situasi yang dimonitor di setiap titiknya,” kata Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro saat peninjauan di check point simpang Baranangsiang, Sabtu (15/1/2022) pagi.

Kombes Pol Susatyo mengatakan, sistem gage akan diberlakukan selama dua hari, yakni 15 dan 16 Januari 2022. Langkah ini dilakukan sebagai upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19 varian omricon di Kota Bogor.

“Satgas Covid-19 Kota Bogor memberlakukan gage khususnya menuju tempat wisata Kebun Raya Bogor (KRB). Dimana, Kota Bogor sebagai penyangga ibukota harus mengantisipasi betul terkait perkembangan omicron di ibukota, sehingga telah disipakan enam titik check point untuk memeriksa kendaraan ganjil atau genap,” jelasnya.

Langkah ini juga diambil pihaknya setelah dilakukan evaluasi dua minggu terakhir yang menunjukkan terjadinya kepadatan atau kerumunan yang berlebihan di pusat Kota Bogor setiap akhir pekan.

“Sekali lagi ini adalah gerakan disiplin menahan satu hari saja. Kami berharap ini bisa mengurangi dan mendisiplinkan protokol kesehatan terkait dengan mengurangi mobilitas masyarakat menuju tempat wisata di Kota Bogor,” ujarnya.

Namun, kata Kombes Pol Susatyo, intensitas pemberlakuan gage akan dikurangi di setiap titiknya apabila diiringi berkurangnya kepadatan kendaraan.

“Kepadatan di setiap jalur jalan utama akan kami hitung, apabila memang dirasakan sudah berkurang maka kami akan mengurangi intensitas gage,” pungkasnya. (Hrs)

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *