Saat Forkopimda Kota Bogor jadi Juri Lomba Orasi Nilai Pancasila antar Ketua RW

BOGORONLINE.com – Memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2022 yang jatuh tanggal 1 Juni, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Bogor mengadakan lomba orasi Pancasila antar ketua RW di Kota Bogor.

Lomba ini digelar setelah upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang dipusatkan di Mapolresta Bogor Kota, Jalan Kapten Muslihat, Kelurahan Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, pada Rabu (1/6/2022) pagi.

Para ketua RW yang menjadi kontestan hari ini merupakan juara yang sebelumnya telah melalui seleksi di masing-masing kecamatan. Para kontestan juga mengenakan pakaian adat nusantara saat tampil berorasi dengan tema Pancasila.

Adapun lima juri penilai mulai dari Wali Kota Bogor Bima Arya, Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim, Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto, Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro dan Dandim 0606/Kota Bogor Letkol Inf Ali Akhwan.

Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro, selaku penggagas lomba mengatakan, kegiatan ini diadakan dengan harapan agar para ketua lingkungan ini menjadi panutan dalam pengamalan nilai-nilai Pancasila di wilayahnya masing-masing.

Disamping itu diharapkan kedepannya menjadikan masyaratat Kota Bogor menjadi semakin modern, namun nilai-nilai Pancasila tetap melekat di masyarakat.

“Tentunya internalisasi nilai-nilai Pancasila di kehidupan Kota Bogor, kita berharap Kota Bogor semakin modern namun nilai-nilai Pancasila tetap hidup di masyarakat dan yang menjadi tokoh utamannya para ketua RT, ketua RW bisa menjaga dan menyampaikan itu kepada masyarakat sehingga pri-kehidupan di Kota Bogor semakin baik,” ujarnya.

Sementara Wali Kota Bogor Bima Arya menuturkan kegiatan ini merupakan gagasan dari Kapolresta Bogor Kota, di mana dari orasi-orasi yang ditunjukkan, menampilkan potensi yang terpendam dari para ketua RW di Kota Bogor.

“Pancasila itu satu harus dibumikan, kedua harus dikomunikasikan, ketiga harus dilakukan, ini ikhtiar dari kami, pak Kapolresta yang punya ide didukung penuh oleh Forkopimda dan kita lihat mutiara terpendam para RW luar biasa,” kata Bima Arya.

Bima Arya menyatakan dirinya merasa salut kepada para ketua RW ini dengan gagasan yang dibawa dalam orasinya. Ia juga mengaku bangga kepada para kontestan yang berorasi dalam lomba kali ini.

“Kita membayangkan tampilnya mereka di wilayah masing-masing bisa menginspirasi para warga dengan cara seperti ini luar biasa, bukan hanya artikulasinya yang luar biasa, tapi pemikirannya itu, jadi tadi beberapa mengutip dari founding father kemudian ada poin dari pancasilanya, kemudian dikaitkan dengan situasi kekinian itu luar biasa, saya banggalah dengan para pemenang hari ini,” ungkapnya.

Berikut ini para kontestan yang keluar sebagai juara dalam orasi Pancasila,

Juara 1 diraih M. Ridwan dari Kelurahan Loji, Kecamatan Bogor Barat. Juara 2, Viktor dari Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur. Sedangkan Juara 3, Kastim Purnama dari Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Bogor Utara.

Adapun juara harapan 1 diraih Abdul Wahidin dari Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah. Harapan 2 Dedi Yusuf dari Kelurahan Mekar Wangi, Kecamatan Tanah Sareal. Sementara harapan 3 Yayat Hidayat dari Kelurahan Empang, Kecamatan Bogor Selatan. (Hrs)

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *