Dosen Pakuan Sabet Penghargaan Kementrian ESDM

Headline, IPTEK691 views

Dr. Sri Wahyuni, MP, Saat Terima Penghargaan ESDM

Bigoronline.com – Dr. Sri Wahyuni, MP menjadi satu-satunya peraih penghargaan Dharma Karya Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam bidang Energi Terbarukan Biogas. Penghargaan Dharma Karya Kementrian ESDM ini diberikan di Gedung Chairul Saleh Kementrian ESDM dalam peringatan HUT Pertambangan dan Energi ke-77 pada hari Selasa, tanggal 4 Oktober 2022.

Penghargaan Dharma Karaya tersebut diberikan langsung oleh Menteri ESDM Arifin Tasrif kepada para insan ESDM yang berjasa dalam pemikiran, kebijaksanaan, keputusan, pembangunan, dan penemuan baru di sektor ESDM. Pemberian Penghargaan ini ditujukan kepada individu maupun instansi yang memberikan dampak di sektor ESDM untuk menjadi lebih baik dan maju.

“Saya harap setiap insan ESDM dapat meningkatkan kinerja melalui inovasi secara cepat, cermat dan produktif, sehingga sektor ESDM dapat terus berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi” papar Arifin Tasrif pada Upacara Hari Jadi Pertambangan dan Energi.

Dr. Sri Wahyuni, MP menunjukan contoh biogas 

 

Penghargaan yang diterima oleh Sri Wahyuni, ini diberikan sebagai bentuk apresiasi atas komit Sri Wahyuni sebagai Pemilik dan Direktur PT. Swen Inovasi Transfer yang merupakan salah satu pioneer dalam merancang dan mengembangkan reaktor Biogas berbahan serat kaca (fiberglass) serta inovasi-inovasi dalam berbagai jenis peralatan yang telah beroperasi sejak tahun 2007.

Biogas merupakan salah satu jenis energi terbarukan yang dapat diperoleh dari berbagai jenis limbah, seperti kotoran ternak, sampah, kotoran manusia serta bahan-bahan lainnya. Dengan arti kata segala jenis bahan organik dapat dijadikan bahan baku biogas.

Sri Wahyuni, bersama PT Swen Inovasi Transfer dengan konsisten mendorong tumbuhnya industri rumah tangga khususnya di pedesaan dengan dukungan bahan bakar alternatif dari biogas selama lebih dari 10 tahun dan terus menerus melakukan inovasi dalam pengaplikasiannya sehingga selain sebagai energi alternatif, penggunaan biogas juga dapat meningkatkan pendapatan petani peternak dengan dihasilkannya pupuk organik yang berkualitas siap pakai yang nantinya ketergantungan petani terhadap pupuk anorganik (kimia) berkurang.

Sri Wahyuni yang juga bekerja sebagai Dosen  di Universitas Pakuan Bogor ini terus melakukan Inovasi pengaplikasian biogas. Dengan dilakukannya penelitian yang terus menerus, sehingga selain menjadi bahan bakar pengganti LPG, biogas juga dapat diaplikasikan dalam peralatan rumah tangga dan peralatan pertanian seperti traktor bajak bahan bakar biogas, mesin pasteurisasi susu, pemanas anak ayam, generator listrik, mesin pompa penyedot air, mesin pengering, mesin pengupas (chooper), oven, water heater, rice cooker biogas, setrika biogas, mesin roasting kopi dan semua peralatan yang berbahan bakar LPG.

PT. Swen Inovasi Transfer sendiri memproduksi digester biogas berbahan fiberglass yang berasal dari bahan fiber yang berkualitas dan produksi gas yang dihasilkan sangat prima dengan pelayanan purna jual tetap tersedia. Di mana, Dr Sri Wahyuni, MP bersama PT. Swen Inovasi Transfer hingga saat ini sudah mengaplikasikan digester biogas di 35 provinsi dan 358 kabupaten.

Penghargaan yang diraih oleh perempuan yang aktif sebagai dosen Manajemen Lingkungan di Sekolah Pasca Sarjana Universitas Pakuan Bogor ini juga menjadi bukti bahwa Sri Wahyuni bersama PT Swen Inovasi Transfer berkomitmen secara aktif mengimplementasikan potensi biogas yang pada dasarnya sangat strategis sehingga perlu didorong dan dikembangkan terutama di masyarakat pedesaan.

Dijelaskan Sri Wahyuni, dalam menjalankan bisnisnya, PT Swen Inovasi Transfer terus berkomitmen untuk pengembangan biogas serta menciptakan inovasi-inovasi dalam pengaplikasiannya dan juga memastikan pemanfaatan biogas yang tepat sasaran sehingga dapat mewujudkan peternakan yang bersih dan mengurangi pencemaran lingkungan, juga membantu menurunkan emisi gas rumah kasca yang bermanfaat dalam memperlambat laju pemanasan global. Hal ini merupakan upaya dalam memberikan nilai tambah serta dukungan PT. Swen Inovasi Transfer pada program pemerintah terkait pemanfaatan energi baru terbarukan yang ramah lingkungan.

PT. Swen Inovasi Transfer saat ini selain memproduksi digester biogas dari fiberglass yang berkualitas, juga aktif memberikan pelatihan dalam bidang pertanian terpadu, seperti pelatihan biogas, prosesing pupuk organik, prosesing bulu domba, teknologi pengolahan limbah dan hasil ikutan ternak.

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *