Perbaikan Tahap Pertama Jembatan Jalan KH Tb. M. Falak Digeber

BOGORONLINE.com – Pemerintah Kota Bogor melalui Dinas Pekerjaan Umun dan Penataan Ruang (DPUPR) menggeber perbaikan Jalan KH Tb. M. Falak atau tepatnya area sayap jembatan akibat longsor pada bulan Oktober 2022 lalu.

Perbaikan dengan pengerjaan dilakukan saat ini pemasangan sheet pile (tiang pancang). Setidaknya ada 40 sheet pile yang akan ditancap di lokasi tersebut.

Kepala DPUPR Kota Bogor, Chusnul Rozaqi mengatakan, pemancangan sheet pile sudah mulai dilakukan, setelah hampir sepekan dilaksanakan perapihan jaringan utilitas. Pengerjaan tahap pertama ini dilaksanakan hingga akhir tahun ini.

“Pemancangan 40 sheet pile sudah dimulai. Insya Allah selesai pada 27 Desember 2022 untuk tahap pertama. Nanti Januari 2023 akan dimulai kembali pekerjaannya,” kata Chusnul kepada wartawan, Minggu (20/11/2022).

Menurut Chusnul, sejauh ini tidak ada kendala apapun dalam perbaikan jalan tersebut, hanya agak sedikit terganggu saat perapihan utilitas. Namun semua itu telah terselesaikan.

Sementara Penanggungjawab Proyek, Deni Rachmawan mengatakan, pemasangan sheet pile baru dilakukan lantaran harus menunggu hasil uji laboratorium terhadap kondisi tanah.

Pemasangan sebanyak 40 sheet pile yang dipasang dalam jarak 20 meter tersebut bertujuan untuk menahan konstruksi jalan agar tidak kembali longsor.

“Sheet pile panjangnya 12 meter dengan lebar setengah meter. Ini pengerjaan majore, kalau tak ada hujan Insya Allah sepekan beres,” katanya.

Untuk menghindari tanah kembali longsor saat pelaksanaan pekerjaan, terang dia, pihaknya memasang cerucuk bambu di area longsoran dan menutupi tanah dengan terpal agar terhindar dari air hujan. 

“Setelah itu selesai baru kami fokus perapihan pekerjaan bawah,” jelas Deni.

Diwartakan, pembiayaan untuk perbaikan Jalan KH. Tb. M. Falak senilai Rp4,6 miliar bersumber dari anggaran biaya tidak terduga (BTT).

Jalan tersebut merupakan akses yang cukup aktif dilalui masyarakat dari pertigaan Jalan Semeru dan pertigaan Jalan Loji. Begitu sebaliknya.

Rencananya, akses jalan yang ditutup sementara akan dibuka kembali pada tahun 2023. (Hrs)

ARTIKEL REKOMENDASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *